IBL

Bintang Milawukee Bucks dan tim nasional Yunani, Giannis Antetokounmpo, sudah mendapat waktu perilisan sepatu khususnya. Informan sekaligus musisi DJ Flow mengabarkan bahwa edisi perdana sepatu Giannis akan dirilis musim panas 2019 (Juni-Juli). Sementara itu, bocoran sampel produk sepatunya sudah tersebar ke media sosial.

Nama edisi terbaru dari Nike Basketball ini pun sudah ditentukan. Setelah sempat tercetus Nike Greek Freak 1, sang pabrikan dan pemain sepakat dengan nama Nike Freak 1.

Rumor warna edisi perdana mengkonfirmasi foto sepatu sampel. Warna netral hitam-putih akan diperkenalkan ke publik terlebih dahulu sementara edisi merah-putih akan diluncurkan Agustus 2019. Sejauh ini, belum ada konfirmasi mengenai tanggal pasti dan harga.

Bocoran sampel Nike Freak 1.

Jauh sebelum proyek ini berjalan, Giannis diperebutkan dua pihak: adidas dan Nike. Pabrikan asal Jerman itu bahkan sempat mengirimkan satu mobil boks penuh berisi adidas Ultra Boost, Yeezy, dan beberapa edisi spesial lain untuknya. Sodoran tunjangan jutaan Dollar AS pun juga sudah ditawarkan. Namun, Giannis terlanjur jatuh cinta dengan Nike sehingga adidas terpaksa menelan pil pahit.

Kerja sama dimulai per November 2017. Sang pemain mengumumkannya melalui sebuah video yang diunggah di akun Twitternya. Video tersebut, uniknya, tidak menyebut nama sponsor sekalipun. Ia hanya menegaskan kata-kata keluarga (family), kesetiaan (loyalty), dan warisan (legacy).

Pria kelahiran Yunani tersebut begitu aktif di Twitter. Ia terbilang cukup sering meluapkan isi pikirannya di sana. Bahkan, pada 28 Juni 2018, ia meminta bantuan dari para pengikutnya untuk mendesainkan sepatunya. Kicauan itu menjadi tanda serius bahwa Giannis akan menjadi penerus pebasket sekaliber LeBron James, Russell Westbrook, Kevin Durant, dan lain sebagainya.

Dengan sepak terjangnya di NBA, Giannis Antetokounmpo bisa menjadi motor penjualan yang efektif bagi Nike. Di samping itu, pabrikan asal Oregon itu juga punya celah untuk melakukan pendekatan bagi penikmat basket di kawasan Eropa. Hal itu dibuktikan dengan beberapa agenda yang diadakan di Yunani seperti lari dan aktivitas sosial. Nike juga sudah membangun beberapa lapangan basket di Athena sebagai bentuk dukungan terhadap negara asal Giannis.

Foto: Sneaker Freaker, akun Instagram @sneakonomist

Komentar