IBL

Dirk Nowitzki, forwarda Dallas Mavericks, tidak berhenti mencetak rekor meski usianya sudah 40 tahun. Kali ini, ia masuk ke jajaran elit pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di NBA. Nowitzki bergabung dengan Robert Parish (1611), Kareem Abdul-Jabbar (1560), dan John Stockton (1504) sebagai pemain keempat yang mencapai sedikitnya 1500 pertandingan.

Nowitzki memecah rekor itu ketika Mavs menghadapi Los Angeles Clippers hari ini, Senin 25 Februari 2019 waktu setempat. Meski timnya kalah, ia tetap mendapat sorotan dalam pertandingan yang digelar di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Sebab, tidak banyak yang bisa melakoni pertandingan sebanyak itu di NBA. Itu artinya, Nowtizki cukup konsisten tampil di NBA selama puluhan tahun.  

Nowitzki bermain sejak 1998. Ia terpilih di urutan ke-9 dalam NBA Draft tahun itu. Ia tidak pernah berpindah haluan dari Mavs. Nowitzki tetap setia bersama tim itu selama 21 tahun.

Selama itu pula, Nowitzki relatif tampil dalam kondisi sehat. Di usia primanya, ia bahkan hampir selalu bisa tampil penuh. Ia hanya absen ketika istirahat atau cedera ringan. Jumlah pertandingan tersedikitnya terjadi pada musim perdananya di NBA. Saat itu, ia tampil sebanyak 47 kali. Itu pun bukan karena cedera melainkan mundurnya penyelenggaraan NBA. Liga memotong jumlah pertandingan menjadi 50 kali saja di musim reguler.

Bersama Mavs, Nowitzki sempat meraih beberapa penghargaan. Salah satunya gelar juara 2011 sekaligus menjadi pemain terbaik final tahun itu. Ia merupakan salah satu produk Eropa yang sukses di NBA. Nowitzki menjadi inspirasi bagi siapa pun yang datang dari Benua Biru.

Ruki Mavs seperti Luka Doncic, misalnya, ikut terpengaruh kebesaran Nowitzki. Para pemain Eropa semakin berani menjajaki NBA karena—salah satunya—keberhasilan pemain asal Jerman itu. Bagaimanapun, Nowitzki telah ikut membuka jalan menuju liga tersohor sedunia.

Sebagai bukti, rekor jumlah pertandingan menjadi salah satu indikatornya. Belum lagi rekor lain seperti masuknya Nowitzki ke jajaran pencetak angka terbanyak sepanjang masa. Ia berada di peringkat tujuh dengan rekor 31.340 poin selama kariernya. Angka itu masih bisa bertambah karena ia masih bermain musim ini.

Seandainya Nowitzki bisa terus menjaga kesehatannya, ia bisa saja melewati Stockton di urutan ketiga dalam jumlah pertandingan tadi. Ia juga bisa melewati dua pemain teratas dalam daftar yang sama jika memutuskan meneruskan kariernya musim depan. Namun, orang-orang percaya ini musim terakhirnya meski Nowitzki sendiri belum mengatakan apa-apa. Bagaimanapun, usianya sudah tidak muda lagi.

Di usianya yang sudah berkepala empat, posisi Nowitzki juga bergeser. Ia yang biasanya menjadi starter kini bermain dari bangku cadangan. Ia juga sempat mengalami cedera sehingga baru tampil sebanyak 29 kali musim ini—dua di antaranya bermain sebagai starter. Selanjutnya, jika sesuai jadwal, Nowitzki akan tampil kembali ketika timnya melawan Indiana Pacers lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar