IBL

Andre Iguodala, forwarda Golden State Warriors, menggantikan posisi LeBron James sebagai wakil ketua pertama National Basketball Player Association (NBPA). Iguodala menggantikan James setelah megabintang Los Angeles Lakers itu habis masa jabatan pada Februari 2019 ini. James telah mengisi posisi wakil ketua pertama selama empat tahun.

Iguodala sendiri sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua dalam komite eksekutif. Ia mengisi posisi itu sejak 2013 silam. Jajaran direksi kemudian memutuskan Iguodala sebagai wakil ketua NBPA dalam pertemuan di Bahama, Senin 18 Februari 2019 waktu setempat.

“Saya merasa terhormat dipillih teman-teman saya untuk menjabat ini dan mendapat tanggung jawab yang lebih besar,” kata Iguodala seperti dikutip Yahoo! Sports. “Saya akan melanjutkan tugas saya bersama (Direktur Eksekutif NBPA) Michelle Roberts, Chris Paul, dan komite eksekutif demi mencapai hasil sebaik mungkin untuk perserikatan dan anggota masa depan kami.”

Sementara Iguodala naik jabatan, Carmelo Anthony dan Stephen Curry habis masa jabatan sebagai wakil ketua komite eksekutif. Malcolm Brogdon (Milwaukee Bucks), Jaylen Brown (Boston Celtics), dan Bismack Biyombo (Charlotte Hornets) lantas menggantikan mereka di posisi itu. Ketiganya akan menjabat wakil ketua selama tiga tahun.

“Malcolm, Jaylen, dan Bismack menunjukkan komitmen yang besar kepada perserikatan sejak mereka tiba di sini,” kata Paul, garda Houston Rockets, yang menjabat sebagai ketua NBPA. “Saya percaya mereka akan membawa perspektif dan gairah baru kepada komite eksekutif. Saya tidak sabar untuk bekerja sama dengan mereka.”

Di antara ketiga pemain di atas, Brown menjadi pemain yang sudah mengincar posisi wakil ketua. Sebelum ini, ia pernah berpikir untuk menjabat posisi itu suatu hari nanti. Kini, ia pun mendapatkannya dan berharap bisa menjalankan tugas sebaik mungkin. Sebab, selain menjadi wakil ketua, ia juga akan menjadi representasi tim di komite eksekutif.

Sebagai representasi tim, para pemain akan bekerja sama dengan perserikatan untuk melindungi hak dan tanggung jawab pemain NBA. Apalagi tujuan NBPA memang untuk memastikan semuanya berjalan adil. Mereka akan membantu para pemain untuk memaksimalkan kesempatannya mencapai tujuan di dalam maupun di luar lapangan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar