IBL

Komite Eksekutif Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional (NBPA) hari ini mengumumkan bahwa mereka menunjuk Andre Iguodala sebagai Penjabat Direktur Eksekutif serikat pemain tersebut. Iguodala menggantikan Tamika Tremaglio , yang menjabat sejak Januari 2021, dan mengundurkan diri dari posisinya, setelah berhasil memimpin putaran terakhir perundingan bersama dengan NBA awal tahun ini. Iguodala dan Tremaglio akan bekerja sama selama masa transisi ini.

"Saya merasa terhormat untuk mengambil peran ini dan melayani para pemain, yang merupakan jantung dan jiwa NBA," kata Iguodala. "Saya diberi kesempatan unik untuk mengambil semua yang telah saya pelajari sebagai pemain selama 19 tahun karir saya dan menerapkannya untuk menciptakan persatuan yang lebih kuat dan lebih berpengaruh bagi generasi pemain saat ini dan masa depan."

Andre mengambil peran Penjabat Direktur Eksekutif setelah menghabiskan lebih dari satu dekade karir bermainnya di Komite Eksekutif. Selain pekerjaannya di Komite, Andre telah memimpin beberapa usaha bisnis yang sukses dalam karirnya di luar lapangan.

Tremaglio, yang menjabat sejak Januari 2021, mengundurkan diri untuk mengikuti peluang baru. Tremaglio memimpin serikat pekerja dalam pembicaraan dengan NBA yang menghasilkan perjanjian perundingan bersama selama tujuh tahun yang baru ditandatangani pada bulan Juni, memastikan perdamaian buruh selama kampanye 2029-2030. 

"Saya sangat bangga dengan apa yang kita capai bersama dalam perundingan bersama dan selama dua tahun terakhir secara keseluruhan," kata Tremaglio. "Dengan adanya CBA baru, saya siap untuk beralih dari peran ini dan mengejar peluang lain."

Iguodala berada di komite eksekutif selama lebih dari satu dekade selama karir bermainnya, termasuk gelar NBA bersama Warriors pada tahun 2015, 2017, 2018 dan 2022 serta medali emas Olimpiade London 2012 bersama skuad Amerika Serikat.

Iguodala adalah MVP Final NBA 2015 meski tidak menjadi starter untuk Warriors di musim reguler. Dia adalah MVP Final NBA pertama yang tidak menjadi starter di setiap pertandingan seri kejuaraan, tetapi dia mampu menjaga LeBron James dengan rata-rata mencetak 16,3 poin, 5,8 rebound, dan 4,0 asis. 

"Memiliki mantan pemain yang memimpin sebagai Direktur Eksekutif serikat pekerja adalah proposisi yang menarik," kata CJ McCollum, Presiden NBPA. "Kami berterima kasih kepada Tamika atas layanan dan kepemimpinannya selama proses CBA dan sangat senang menyambut Andre sebagai Penjabat Direktur Eksekutif."

National Basketball Players Association (NBPA) adalah persatuan para pemain bola basket profesional saat ini di National Basketball Association (NBA). Didirikan pada tahun 1954, misi NBPA adalah untuk melindungi dan mendukung hak dan bakat para pemain kami, memperbesar kekuatan kemauan kolektif mereka, dan memperkuat suara mereka sebagai pemimpin yang melampaui olahraga dan masyarakat secara global.

NBPA melakukan advokasi atas nama kepentingan terbaik seluruh pemain NBA, termasuk melalui negosiasi perjanjian perundingan bersama, pengajuan keluhan atas nama para pemain, dan memberikan konseling kepada pemain mengenai tunjangan, pendidikan, dan peluang karir pasca-NBA. Peluang bisnis dihasilkan oleh THINK450, anak perusahaan NBPA yang bertugas mengelola hak lisensi grup pemain. (*)

Foto: Sportico.com

Komentar