IBL

Pelita Jaya Basketball Club tampil bagus, khususnya di babak kedua, saat bertemu Pacific Caesar Surabaya, Jumat, 8 Februari 2019. Sebab mereka akhirnya bisa menghentikan perlawanan Pacific dengan skor 76-68. Laga sempat berjalan ketat, hingga di lima menit kuarter terakhir, Pelita Jaya bisa melepaskan diri dari kejaran Pacific.

Nate Barfield menjadi pendulang poin terbanyak dengan 23 poin, ditambah 15 rebound. Andakara Prastawa menyumbang 20 poin, dan Xaverius Prawiro menambahkan 10 poin. Di kubu Pacific, Qa'rraan Calhoun mencetak 25 poin, termasuk empat tembakan tripoin. Lalu Hardian Wicaksono menambahkan 17 poin.

Akurasi tripoin Pacific menyulitkan Pelita Jaya. Pacific mencetak 12 dari 34 percobaan tripoin. Calhoun dan Wicaksono masing-masing mencetak empat kali tripoin. Bahkan Pacific memimpin 34-32 di babak pertama. Sebaliknya, Pelita Jaya hanya memasukkan 7 tripoin dari 25 percobaan.

Faktor kekalahan Pacific adalah kurang fokus di menit-menit akhir. Kepala Pelatih Kencana Wukir mengakui bahwa pemainnya sendiri yang menyebabkan kekalahan kali ini. Kurang fokus dan sering melakukan kesalahan sendiri, terutama di babak kedua.

"Sebenarnya kami berhasil menahan Pelita Jaya. Tapi di menit akhir, hilang fokus. Terutama di lima menit akhir. Kami banyak melakukan foul yang tidak penting. Satu lagi, malam ini akurasi tembakan bebas kami kurang bagus. Hanya 10 dari 22 kesempatan. Kami harus melatih kembali akurasi tembakan bebas tersebut. Mau tidak mau, kekalahan kali ini membuat kami harus menang di dua laga seri Malang selanjutnya," ucapnya.

Pelita Jaya mampu bangkit di babak kedua. Mereka unggul 27-17 di kuarter ketiga, serta membalikkan keadaan menjadi 59-51. Masuknya Respati Ragil Pamungkas di babak kedua, meningkatkan akurasi tembakan Pelita Jaya.

"Saya rasa kami punya banyak pemain untuk bisa melakukan tembakan dari luar busur. Kami punya Prastawa, Xaverius, Govinda, Valentino Wuwungan dan beberapa pemain lainnya. Tapi kalau di pertandingan, tentu berbeda. Ada kalanya akurasi tembakan mereka menurun. Akhirnya di babak kedua, kami bisa bangkit," ucap Kepala Pelatih Fictor Gideon Roring.

Selanjutnya, Pacific Caesar akan bertanding melawan Siliwangi Bogor, Sabtu, 9 Februari 2019. Sedangkan Pelita Jaya berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar