IBL

Belum habis kesulitan Los Angeles Lakers ketika mengarungi NBA 2018-2019. Selain badai cedera, mereka mengalami inkonsistensi permainan sepanjang musim; turun kasta karena kalah bertubi-tubi; juga didera rumor transfer pemain. Kini, masalah bertambah karena Lakers mendapat terpaan lainnya. Para pemain terlibat perkelahian dengan Kepala Pelatih Luke Walton.

Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, beberapa pemain veteran, termasuk Michael Beasley, terlibat adu mulut dengan Walton pascakekalahan atas Golden State Warriors pada Sabtu, 2 Februari 2019 waktu setempat. Charania mengabarkan dalam cuitannya di Twitter, perkelahian berhenti sebelum berubah dari adu mulut ke adu fisik.

Selain Beasley, perkelahian itu juga melibatkan JaVale McGee dan Lance Stephenson. Mereka mulai adu mulut setelah Walton menceramahi anak-anak asuhnya untuk tidak egois ketika bermain.

Menurut Sam Amick, jurnalis The Athletic lainnya, Walton mengalamatkan ceramah itu kepada tiga pemain veteran tadi. Ketiga pemain itu kemudian tidak terima. Mereka melawan balik sehingga perkelahian tidak terhindarkan.

Selama ini, Walton juga sebenarnya tidak lepas dari kritik. Ketika menangani Lakers di 2018-2019, Walton membuat tim asal Los Angeles itu terdampar di peringkat 10 klasemen sementara Wilayah Barat. Mereka hanya menang 27 kali dari total 53 pertandingan. Mereka sulit bersaing di sana karena beberapa hal.

Dalam 17 dari 18 pertandingan terakhir, misalnya, Walton tidak bisa menurunkan LeBron James karena cedera kunci paha. Saat itu, Lakers kesulitan memenangkan pertandingan. Namun, itu bukan masalah satu-satunya. Mereka juga sulit memenangkan pertandingan ketika James ada di lapangan. Lakers bahkan sempat kalah dari tim sekelas New York Knicks dan Cleveland Cavaliers.

Selama itu pula, rumor tentang pergantian posisi kepala pelatih santer berembus. Hanya saja, manajemen Lakers bergeming. Mereka terus mempertahankan Walton sebagai nakhoda di bahtera timnya. Akan tetapi, kondisi itu bisa saja berubah seandainya Lakers kalah terus.

Dengan adanya perkelahian ini, isu pergantian pelatih kemungkinan akan kembali berembus. Apalagi jika Lakers ingin tetap lolos ke playoff. Namun, sejauh ini, hanya isu pergantian pemain yang sudah jelas. Lakers sedang berusaha mendatangkan Anthony Davis dari New Orleans Pelicans. Masalah Walton belum akan jelas sampai manajemen memutuskan sesuatu dari perkelahian hari ini. (GNP)

Foto: NBA

Komentar