IBL

Los Angeles Lakers menjamu Atlanta Hakws dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka memanfaatkan pertemuan itu dengan meraih kemenangan tipis 107-106 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu 11 November 2018 waktu setempat. LeBron James, megabintang NBA yang baru mengarungi musim pertamanya bersama Lakers, lagi-lagi tampil sebagai pahlawan sementara Tyson Chandler memastikan kemenangan mereka. 

James mencetak 26 poin, 7 rebound, 4 asis, 2 steal. Ia memasukkan 50 persen tembakannya, termasuk 3 dari 9 tripoin dan 3 tembakan gratis. Ia bermain selama 34,18 menit dengan memberi dampak signifikan.

Chandler, meski hanya mencetak 4 poin, tetapi mengumpulkan 5 rebound, 2 steal, dan 3 blok termasuk blok terakhir yang krusial.

“Kami sangat senang kami memilikinya,” kata Kepala Pelatih Lakes, Luke Walton, seusai laga tentang kehadiran Chandler di timnya.

Lonzo Ball, garda utama Lakers, juga memberikan sumbangan berarti dengan 8 poin dan 11 asis. Itu merupakan asis terbanyaknya dalam satu pertandingan di musim ini. Sementara itu, Kyle Kuzma menambahkan 18 poin dan 8 rebound. Kentavious Caldwell-Pope dan Lance Stephenson sama-sama 11 poin. Lakers memasukan total 42,4 persen tembakannya, tetapi kesulitan dalam menembak tripoin (36,8 persen) dan hanya memasukan 15 dari 24 tembakan gratis.

Lakers memenangkan pertandingan karena berhasil memanfaatkan dua momentum di pertandingan ini. Pertama, Lakers mendapat momentum ketika Hakws melakukan team foul padahal waktu masih tersisa banyak (7,55 menit). Akibatnya, Lakers pun mengeksploitasi pertahanan lawan dengan mencetak 10 poin lebih banyak  di kuarter itu untuk memperpanjang margin skor.

Kendati demikian, Hawks ternyata bisa kembali menekan di kuarter empat. Mereka bahkan sempat mengambil alih keunggulan. Namun, tombokan (slam dunk) James dan blok Chandler di pengujung laga memupus harapan mereka. Lakers unggul satu poin untuk memenangkan pertandingan meski pertandingan berjalan ketat hampir di sepanjang pertandingan.  

Di kuarter satu, misalnya, Lakers unggul lebih dulu dengan margin enam poin (28-22). Namun, pasukan Kepala Pelatih Luke Walton itu tidak serta merta bermain bagus di awal pertandingan. Mereka sempat tertinggal 0-9 ketika tembakannya tiga berturut-turut gagal menemui sasaran dan malah melakukan dua kali kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover). Hawks memanfaatkan itu dengan mencetak 3 dari 4 tembakan plus 2 tembakan gratis. Lakers baru membalasnya dengan delapan poin beruntun berkat asis-asis Ball dan tripoin James.

Di kuarter dua, Walton memasang empat pemain cadangan dengan McGee sebagai satu-satunya starter untuk memulai pertandingan. Namun, hal itu tampaknya tidak berjalan baik karena Hawks kembali mengambil alih pertandingan, meninggalkan Lakers 10-3 sehingga mereka unggul lagi 32-31.

Penampilan Lakers tambah parah ketika mereka melakukan 15 kali turnover selama dua kuarter. Hawks mendulang sedikitnya 19 poin dari sana. Ball lalu membantu Lakers untuk membayangi lawannya dengan mencetak tripoin, memblok tembakan, memberi asis keenamnya, dan menangkap sebuah bola pantul. Upaya itu membuat Hawks hanya bisa unggul tipis 53-52. Akurasi tembakan klub asal Atlanta itu lebih buruk (38,5 persen) dibanding Lakers (45,5 persen).

Di awal kuarter tiga, tiga pemain Lakers kembali membuat timnya unggul 60-55. Sementara itu, Hawks terlalu cepat melakukan pelanggaran. Mereka sudah melakukan team foul ketika kuarter tiga masih menyisakan 7,55 menit. Itu membuat pertahanan mereka kaku sehinga Lakers mengeksplorasinya dengan terus menyerang dari berbagai sisi. James dkk. mencetak 10 poin lebih banyak di kuarter itu (32-22) sehingga menjauh dengan skor sementara 84-75. Momentum benar-benar menjadi milik Lakers kala itu.

Hawks punya waktu 12 menit untuk memenangkan pertandingan di kuarter empat. Mereka menggunakan waktu itu untuk menekan Lakers. Pasukan Kepala Pelatih Lloyd Pierce itu pun mencetak 31 poin, sempat membalikkan keunggulan 99-98. Ruki (rookie) Trae Young dan Kent Bazemore menjadi momok mengertikan dengan total mencetak 41 poin di pertandingan ini. Belum lagi Taurean Prince menambahkan 23 poin dan 7 rebound. Lakers hampir saja kalah karena itu, tetapi mereka berhasil mencetak 23 untuk menang tipis 107-106. Tombokan James di sisa 15,3 detik membuat Lakers meraih kemenangan itu, tetapi blok Chandler di akhir pertandinganlah yang menentukannya. Senter baru Lakers itu berhasil menepis tembakan Young yang mengancam kemenangan mereka.

Dengan demikian, kini Lakers tengah merengkuh rekor 7-6. Kemudian, mereka akan menjamu Portland Trail Blazers di tempat yang sama tiga hari lagi. Hawks, di sisi lain, akan melanjutkan perjalanan mereka ke bagian lain California untuk bertemu Golden State Warriors.

Foto: NBA

Komentar