IBL

Detroit Pistons tidak ingin menyia-nyiakan peluang merekrut Dennis Smith Jr. ketika Dallas Mavericks hendak menjualnya. Menurut kolumnis NBA Mitch Lawrence, Pistons bahkan sudah menghubungi Mavericks untuk membicarakan potensi pertukaran itu. Apalagi, belakangan ini, Pistons tidak cukup beruntung untuk menjadi tim papan atas.

Pistons tengah berada di peringkat 10 klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor 18-23. Padahal mereka sebenarnya memiliki kekuatan sisi depan (frontcourt) yang kuat. Buktinya, Blake Griffin dan Andre Drummond bisa tampil bagus sepanjang musim dengan rata-rata dobel digit poin.

Griffin sejauh ini sudah mencetak rata-rata 25,4 poin, sementara Drummond 16,8. Keduanya bahkan masuk ke jajaran nama beken dalam hasil pemilihan sementara NBA All-Star 2019. Hanya saja, hal itu tidak cukup untuk membantu mengangkat permainan mereka. Pistons merasa butuh tambahan dukungan di sisi belakang (backcourt).

Jika Pistons serius ingin merekrut Smith Jr., mereka bisa saja mendapatkan Wesley Matthews juga. Sebab, garda tembak senior Mavericks itu ikut masuk ke dalam rencana paket pertukaran. Namun, untuk merekrut mereka, Pistons perlu memikirkan timnya yang sekarang, terutama keberadaan Reggie Jackson. Jackson dan Smith Jr. memiliki tipe bermain yang mirip.

Sementara Pistons tengah memikirkan jalan keluarnya, Phoenix Suns, tim paling lemah di Wilayah Barat, rupanya menutup mata pada kesempatan ini. Mereka dikabarkan membutuhkan seorang garda utama sejak awal musim, tetapi tidak juga merekrut pemain baru di posisi itu. Ketika mereka mendapat Austin Rivers dari pertukaran Trevor Ariza saja Suns cepat sekali membuangnya. Mereka bahkan tidak menjelaskan alasannya melepas Rivers.

Hingga saat ini, Suns juga belum mengeluarkan pernyataan tentang alasan mereka menutup mata pada Smith Jr.. Namun, jika melihat ke dalam skuat mereka, kemungkinan tim asal Phoenix itu tidak tertarik kepada Smith Jr. karena mereka memiliki Devin Booker. Booker merupakan tipe pemain yang mesti dominan dengan bola agar bisa bermain efektif. Jika bola cenderung berada di tangan Booker, Smith tidak akan terlalu berguna.

Namun begitu, batas waktu pertukaran masih tersisa banyak. Mavericks bisa memancing peminat sampai Februari mendatang. Pistons maupun Suns pun masih bisa berubah pikiran. (GNP)

Foto: NBA

Komentar