IBL

Senter Denver Nuggets, Nikola Jokic, masuk ke jajaran elit setelah mencetak tripel-dobel melawan Miami Heat di NBA 2018-2019 pada Selasa malam, 8 Januari 2019 waktu setempat. Saat itu, ia mengumpulkan total 29 poin, 11 rebound, dan 10 asis untuk mengantarkan timnya memenangkan pertandingan. Menurut catatan NBA, itu merupakan tripel-dobel Jokic yang ke-20 di sepanjang karirnya.

Dengan mencetak tripel-dobel ke-20 itu, Jokic menjadi pemain termuda ketiga yang sempat memperoleh hal serupa. Pemain berkebangsaan Serbia itu mencetak rekor tersebut dalam usia 23 tahun. Sementara dua pemain NBA lainnya, Magic Johnson dan Oscar Robertson, mencetak 20 tripel-dobel ketika berusia 22 tahun.

Jokic sendiri kini tengah mengoleksi rata-rata 19,2 poin, 10,1 rebound, dan 7,5 asis per pertandingan. Ia sudah tampil sebanyak 39 kali kali tanpa pernah absen sekalipun di NBA 2018-2019 ini. Ada kemungkinan, catatan statistik tadi akan bertambah jika Jokic bisa tampil terus sambil menjaga performanya di tiap pertandingan. Namun, untuk mencetak tripel-dobel, ia akan menemui tantangan besar. Sebab, tidak mudah mencetak hal itu ketika bermain di NBA. Bahkan beberapa pemain ada yang tidak pernah mencetak tripel-dobel selama karirnya.

Oleh karena itu, ketika Jokic ternyata bisa mencetak 20 tripel-dobel di usianya yang sekarang, itu menjadi pencapaian luar biasa. Ia masuk ke jajaran elit bersama nama-nama legendaris seperti Johnson dan Robertson sebagai tiga pemain paling muda pencetak rekor tripel-dobel.   

Di samping mencetak rekor, Jokic juga tengah mengincar kesempatan ke playoff. Apalagi Nuggets sudah absen di babak itu sejak 2014 silam. Jika Jokic berhasil mengantarkan timnya ke sana, itu artinya ia akan tampil di playoff untuk pertama kalinya. Kesempatan itu tampak besar ketika melihat penampilan Nuggets di musim ini. Mereka berada di peringkat satu dalam daftar klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 27-12. (GNP)

Foto: NBA

Komentar