IBL

Donovan Mitchell bagai bintang redup di NBA 2018-2019. Namun, ia terus membuktikan dirinya sebagai andalan Utah Jazz dengan mengangkat timnya mengalahkan Cleveland Cavaliers. Mitchell dkk. menang 117-91 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Jumat 4 Januari 2019 waktu setempat.

Saat itu, Mitchell sendiri mencetak 18 poin. Ia memasukkan 58,3 persen tembakannya, termasuk 3 dari 4 tripoin. Sehingga, persentase tembakan keseluruhan timnya pun ikut naik ke angka 51,2 persen.

Selain Mitchell, pemain cadangan Jae Crowder, Kyle Korver, dan Dante Exum juga memberikan sumbangan penting. Mereka masing-masing mencetak 16, 10, dan 11 poin. Sementara itu, empat starter selain Mitchell juga menambahkan beberapa poin. Ricky Rubio 15 poin. Joe Ingles dan Rudy Gobert sama-sama 12 poin. Derrick Favors 10 poin.

Di kubu Cavaliers, Alec Burks, yang kebetulan bekas pemain Jazz, mencetak angka terbanyak dengan 17 poin. Ruki Collin Sexton menambahkan 13 poin. Rodney Hood dan Jordan Clarkson sama-sama 12 poin. Larry Nance Jr. 10 poin. Namun, tambahan kolektif itu tidak juga menghasilkan kemenangan. Sebab, Jazz tampil ganas di paruh kedua dengan margin lebar 10 poin di kuarter tiga dan 16 poin di kuarter empat. Tim asal Utah itu berhasil memasukkan lebih dari setengah tembakannya, sementara Cavaliers terus menurun seiring pertandingan berlangsung.

Kendati demikian, kedua tim sebenarnya bisa bermain ketat di paruh pertama. Jazz unggul lebih dulu 23-20 di kuarter satu, tetapi Cavaliers kemudian bisa membalasnya dengan 29-25. Akibatnya, Jazz pun terguling dengan skor tipis 48-49.

Di kuarter tiga, Mitchell kemudian mengangkat timnya dengan unggul perolehan poin 33-22. Jazz akhirnya bisa unggul dengan margin lebar berkat permainan anak-anak asuh Quin Snyder, terutama Mitchell. Mereka pun memimpin 81-71.

Dengan margin 10 poin, Jazz leluasa bermain di kuarter empat. Mereka bahkan tidak tampak kesulitan menangani serangan-serangan Cavaliers. Mereka bisa menghentikannya sehingga akurasi tim asal Cleveland itu menurun ke angka 39,5 persen. Sementara itu, Jazz menambahkan 36 poin lagi ketika Cavaliers hanya berhasil mengumpulkan 20 di kuarter itu. Mitchell dkk. lantas menutup pertandingan dengan kemenangan besar 117-91. Ada rentang 26 poin yang memisahkan mereka.

Dengan kemenangan tersebut, Jazz menambah satu poin lagi untuk mencetak rekor menang-kalah 19-20. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Detroit Pistons besok untuk mencoba memetik kemenangan lain. Di sisi lain, Cavaliers (8-31) akan bertemu dengan New Orleans Pelicans di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar