IBL

LiAngelo “Gelo” Ball sekaligus adik Lonzo Ball memiliki sepatu khusus. Kabar itu sudah dipastikan setelah situs Big Baller Brand mengunggah sistem pre-order edisi Gelo 3. Status bebas agen tampaknya tidak mengurungkan niat BBB untuk tetap menjual sepatu putra kedua LaVar Ball itu.

Pembenahan di lini sepatu dilakukan secara serius oleh BBB. Mereka berhasil meraih atensi khalayak ramai lewat edisi ZO2 Prime Remix yang dihargai nyaris AS$ 500. Cibiran terhadap edisi tersebut membuat merek yang berbasis di Los Angeles itu dilirik. Oleh karenanya, ditunjuklah desainer David Rysse sebagai ujung tombak desain sepatu yang digunakan Ball bersaudara.

Rysse bukan nama asing di kultur sneaker Negeri Paman Sam. Ia berhasil meraih atensi lewat lini Brand Black yang ia dirikan. Selain itu, bersama Billy Dangers, ia mendirikan agensi desain bernama Santa Ana yang jadi koki di balik perumusan sepatu BBB ZO2 Prime Remix pada 2017 silam.

Terdapat poin-poin keunggulan sepatu ini dilansir dari situs BBB sehingga sepatu ini layak diperhitungkan. Sol karet bermotif herringbone dipilih untuk mengakomodasi kebutuhan basket di dalam dan luar ruang. Dari segi bantalan, G3 menjanjikan kenyamanan di mana sepatu tersebut menggunakan bantalan yang 40% lebih responsif dari sol EVA biasa. Sementara bagian tengah memuat plat yang berguna untuk memantapkan sepatu saat kaki melakukan manuver.

Pada bagian atas, G3 mengadopsi bagian-bagian yang terbilang baru dari edisi BBB sebelumnya. Kombinasi kulit dan suede dipilih untuk estetika serta kebutuhan performa. Formasi lubang tali pada bagian kerah memberi opsi lebih demi mendapatkan kerapatan sepatu yang diinginkan dengan didukung tali tambahan Velcro.

Sistem pre-order sudah dibuka sejak tahun baru 2019. Pihak BBB menjanjikan seluruh pesanan akan dikirim antara Mei hingga Juni dengan banderol AS$ 179. Harga ini tiga kali lebih murah dari dua edisi sebelumnya.

Berita perilisan ini sudah tersebar sejak akhir 2017 setelah ia memutuskan hengkang dari UCLA untuk fokus dengan karir basketnya. Momen tersebut terjadi bahkan sebelum Gelo berkarir di Prienu Vytautas dari Lithuania. Selama bermain di sana, ia lebih banyak menggunakan Nike LeBron Soldier 11 daripada sepatu besutan BBB.

Dengan ini, maka setiap anggota Ball Bersaudara memiliki sepatu khusus. LaMelo dengan Melo 1, Lonzo dengan ZO2, dan LiAngelo dengan G3. Dengan karir yang belum begitu mentereng, rasanya akan sulit untuk memasarkan ketiga sepatu tersebut meski Lonzo sudah bermain di NBA untuk Los Angeles Lakers. Apalagi, Gelo dan Melo belum masuk ke dunia profesional. Strategi pemasaran via media sosial masih jadi ujung tombak BBB meraih atensi luas, termasuk juga kontroversi yang terus dilakukan LaVar Ball.

Foto: Alius Koroliovas/Stringer/Getty Images, BBB

Komentar