IBL

Denver Nuggets melakoni lanjutan laga NBA dengan melawan Sacramento Kings, Kamis malam, 3 Januari 2019, waktu setempat. Sempat tertinggal hingga 13 poin di paruh pertama, Nuggets menunjukkan mentalitas mereka sebagai pemuncak klasemen sementara Wilayah Barat di paruh kedua. Nuggets mengemas total 64 poin di dua kuarter terakhir berbanding hanya 57 poin oleh Kings. Jumlah tersebut membuat Nuggets menutup laga yang digelar di Golden 1 Center, Sacramento, California, Amerika Serikat, dengan kemenangan 117-113.

Salah satu faktor hilangnya keunggulan Kings di laga ini adalah mudahnya mereka melakukan pelanggaran. Pelanggaran demi pelanggaran tersebut berujung kepada tembakan gratis (free throw) yang dimanfaatkan dengan tepat oleh Nuggets. Nuggets total mendapatkan 30 kali percobaan tembakan gratis dan memasukkan 21 di antaranya. Sementara Kings hanya mendapatkan 15 kali percobaan dengan 10 di antaranya menemui sasaran.

Faktor lainnya adalah Jamal Murray. Garda Nuggets ini tampil sempurna di kuarter empat dengan menciptakan 17 dari keseluruhan 36 poin yang ia cetak di laga ini. Selain 36 poin tersebut, ia juga menambahkan 6 rebound dan 6 asis. Akurasi keseluruhannya mencapai 50 persen dengan 6/12 tripoin.

Nikola Jokic menyusul Murray dengan torehan dobel-dobel, 26 poin, 13 rebound, dan 6 asis. Mason Plumlee juga mencatatkan dobel-dobel, 12 poin, 11 rebound, dan 4 asis. Dua pemain andalan Nuggets yang berkutat dengan cedera sudah mulai turun di laga ini. Tampil dari bangku cadangan, Gary Harris membukukan 14 poin sementara Paul Millsap mengemas 10 poin dan 7 rebound.

Dari kubu Kings, Buddy Hield kembali keluar sebagai top skor usai mencatatan 29 poin 2 asis. Nemanja Bjelica menyusul dengan 17 poin plus 5 rebound. De’Aaron Fox mengemas 16 poin dan 8 asis sementara Willie Cauley-Stein menambahkan 13 poin dan 6 rebound. Dari bangku cadangan, Bogdan Bogdanovic menjadi yang terdepan dengan 14 poin dan 5 rebound. Yogi Ferrell melengkapi daftar dengan 11 poin.

Kemenangan ini membuat Nuggets semakin kukuh di puncak klasemen sementara Wilayah Barat dengan 25 kemenangan dari 36 laga yang sudah dilalui. Hasil ini juga membuat mereka belum tersentuh kekalahan dalam empat laga terakhirnya. Sebaliknya bagi Kings, kekalahan ini membuat mereka belum menyentuh kemenangan di tiga laga terakhir mereka. Tim asuhan Dave Joerger masih tertahan di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (19-19).

Nuggets akan kembali ke kandang mereka untuk menghadapi Charlotte Hornets, Sabtu malam, 5 Januari 2019 waktu setempat. Setali tiga uang, Kings masih akan bertahan di kandang mereka untuk menanti kedatangan Golden State Warriors, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: Nuggets.com

 

Komentar