IBL

DeMarcus Cousins, senter Golden State Warriors, belum juga bisa bermain bersama tim barunya itu karena cedera Achilles. Namun, rumor tentang masa bebasnya sudah menjadi topik hangat. Belakangan, muncul rumor kemungkinan Warriors akan memperpanjang kontraknya supaya bisa menahan Cousins lebih lama.

Sejauh ini, perkembangan cedera Cousins pun terbilang baik. Ia sudah berlatih dengan kontak penuh bersama Santa Cruz Warriors, tim afiliasi Warriors di G League. Sang Senter bahkan pernah menombok tepat di hadapan Kevin Durant. Ia juga ikut berlatih hari ini bersama Warriors. Sayangnya, sama seperti sebelumnya, Kepala Pelatih Steve Kerr belum tahu kapan pemainnya itu akan siap bertanding.

Menurut Kerr, Cousins masih perlu meningkatkan kondisinya. Ia tidak mau memainkan senter kaliber All-Star itu jika dirinya belum tampak nyaman di lapangan. Namun begitu, Sang Pelatih merasa latihan hari ini berjalan baik.

“Latihan berjalan baik,” kata Kerr, seperti dikutip CBS Sports. “Kami menjalankan beberapa hal di lapangan. Tidak ada uji coba pertandingan, kami hanya berlatih tentang kosep menyerang. Kami melalui hari yang bagus pagi ini.”

Bagi Cousins sendiri, berlatih bersama timnya merupakan hal penting. Ia sudah lama tidak bermain di pertandingan sebenarnya sehingga perlu berlatih lebih sering agar tidak tertinggal. Apalagi ia menargetkan untuk bisa tampil lagi di NBA pada Januari atau Februari 2019 ini.

Sementara itu, para pemain lain merasa senang melihat perkembangan Cousins. Mereka juga mengapresiasi semangatnya untuk bisa pulih secepat yang ia bisa. Quinn Cook, garda utama Warriors, misalnya, menilai intensitas dan kepercayaan diri Cousins berkembang pesat.

“Dia meminta saya untuk datang dan mencoba untuk melakukan simulasi pertandingan sebenarnya,” kata Cook. “Anda pasti bisa melihat seberapa baik perkembangannya ketika bergerak dan berlari naik-turun selagi memulihkan dirinya. Kami melawannya dengan keras. Kami mencoba menyerangnya.”

Ketika nanti kembali, para pandit menilai Cousins akan memberi dampak positif pada permainan Warriors. Sebelum cedera, ia memang senter dominan. Ia bahkan sempat terpilih sebagai pemain All-Star 2018, tetapi gagal tampil karena cedera itu tadi. Dengan kemampuannya, sebenarnya bukan tidak mungkin Cousins bisa menarik simpati Warriors untuk memperpanjang kontrak.

Menurut prediksi Marc Stein, New York Times, Warriors akan mempertimbangkan Cousins untuk dipertahankan. Ia mendapat bisikan dari orang dalam terpercaya yang mengatakan, Warriors bisa saja mengontrak pemainnya itu setahun lagi dengan sedikit peningkatan nilai kontrak.

Saat ini, Cousins tengah memegang kontrak setahun senilai AS$5,3 juta. Itu artinya, Warriors harus sangat cerdas mengatur batas gaji mereka karena Klay Thompson dan Kevin Durant juga diprediksi akan tetap di sana. Jika mereka ingin mempertahankan semuanya, manajemen perlu merencanakan ulang masa depan mereka. (GNP)

Foto: NBA

Komentar