IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Setelah mengulas lima lagu favorit Mei Linda, kini Mainbasket juga menanyai Hariyanto tentang hal yang sama. Hari menyebutkan, ada lima lagu favorit yang berasal dari Tanah Air dan mancanegara. Ada Boondan Prakoso, Maher Zain, Bon Jovi, juga Linkin Park.

Simak ulasannya, sebagai berikut:

Bunga-Bondan Prakoso

Bondan Prakoso dikenal sebagai salah satu penyayi cilik era 1980-an lewat lagu Si Lumba-Lumba. Ketika dewasa, ia membentuk Funky Kopral dan Bondan Prakoso and Fade 2 Black. Lagu Bunga tercipta ketika Bondan bermain bersama Fade 2 Black. Lagu tersebut ada di dalam album Respect yang rilis pada 2005.

It’s My Life - Bon Jovi

It’s My Life merupakan lagu milik band rock asal Amerika Serikat, Bon Jovi, yang rilis pada 2000 silam. Lagu tersebut masuk ke dalam album Crush. Ditulis dan diproduseri Jon Bon Jovi, Richie Sambora, Max Martin, dan Luke Ebbin. It’s My Life pada masanya sempat menjadi lagu pop rock yang hit.    

What I've Done-Linkin Park

Chester Bennington sempat menggegerkan dunia ketika ia bunuh diri. Namun, Linkin Park dan lagu-lagunya tidak ikut mati bersamanya. Lagu What I’ve Done, misalnya, masih bisa didengarkan hingga hari ini. Hari Purwanto bahkan menyukainya karya Bennington dkk. yang satu ini. Lagu tersebut menceritakan tentang seseorang yang menyesali perbuatannya. Dalam klip videonya, Linkin Park menunjukkan adegan-adegan buruk manusia, seperti: perang, pembunuhan, peredaran narkoba dan sebagainya.

For The Rest Of My Life-Maher Zain

Maher Zain adalah musisi keturunan Lebanon asal Swedia. Ia terkenal sebagai salah satu penyanyi R&B, penulis lagu, dan produser musik religius. Lagu For The Rest Of My Life, misalnya, merupakan wujud rasa syukurnya kepada Tuhan atas seseorang yang dihadirkan untuk mendampinginya.  

Number One For Me-Maher Zain

Selain For The Rest Of My Life, Hari Purwanto juga menyukai lagu Maher Zain lainnya berjudul Number One For Me. Lagu tersebut ada di dalam album Forgive Me yang diproduseri James Young. Number One For Me sendiri merupakan wujud dari kasih ibu kepada anak dan sebaliknya. (GNP)

Foto: Mei Linda

Komentar