IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.  

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kini berusaha tampil beda. Jika sebelumnya kami membahas lagu-lagu favorit pemain basket, kini kami justru menanyai fotografer basket, Mei Linda (@ameizingphoto), tentang lima lagu favoritnya. Mei menyukai lima lagu asal Barat, sebagai berikut:

This Is me-The Greatest Showman (Keala Settle)

This Is Me merupakan sebuah lagu yang menyemangati mereka yang dikucilkan masyarakat karena berbeda. Ini semacam lagu pertarungan bagi orang-orang yang tertindas. This Is Me muncul dalam film The Greatest Showman sebagai salah satu soundtrack mereka.

Pada perjalanannya, This Is Me memenangkan Golden Globe Award sebagai Best Original Song. Lagu tersebut juga dinominasikan sebagai Best Original Song di Academy Award, tetapi kalah oleh Remember Me dalam film Coco.

A Million Dreams-The Greatest Showman (Ziv Zaifman)

Selain This Is Me, Mei juga menyukai soundtrack film The Greatest Showman lainnya: A Million Dreams. Lagu itu menceritakan tentang mimpi dan masa depan cerah yang dikejar lewat kerja keras. Lagu itu semacam visi seseorang yang dinyanyikan dalam bentuk sebuah lagu.

A Million Dreams ditulis oleh Benj Pasek dan Justin Paul. Kemudian, Ziv Zaifman—berperan sebagai P.T. Barnum kecil—menyanyikan lagu itu kepada Charity Hallet (Michelle Williams) dalam film The Greatest Showman.

Make You Feel My Love-Shane Filan

Shane Filan sudah terkenal jauh sebelum ia memutuskan untuk berkarir solo. Shane sebelum ini merupakan personel Westlife, boyband terkenal era 1990-an. Belakangan, ia pun tampil membawakan lagu Make You Feel My Love karya Bob Dylan. Mei, katanya, menyukai lagu versi Shane.

Make You Feel My Love sendiri rilis pada 1997 dalam album Time Out of Mind. Lagu itu kemudian menyebar ke mana-mana; ke segala zaman hingga para penyanyi mengkovernya dalam segala bentuk. Shane termasuk salah satunya.

Officially Missing You-Tamia

Tamia Hill merupakan penyanyi asal Kanada. Ia merilis Officially Missing You 2003. Lagu itu juga masuk ke dalam album Tamia berjudul More yang rilis setahun berikutnya. Secara umum, Officially Missing You adalah lagu cinta. Inti ceritanya mengisahkan tentang seseorang yang merindukan seseorang lainnya.  

Beautiful-Crush

Beautiful merupakan lagu milik penyanyi Korea Selatan, Crush. Lagu itu muncul sebagai soundtrack serial drama Korea, Goblin: The Lonely and Great God. Beautiful pertama kali mengudara pada Desember 2016 silam di episode keempat Goblin.

Foto: Hariyanto

Komentar