IBL

Kyrie Irving tidak hanya pandai bermain basket. Di luar itu, ia juga bisa bermain peran. Irving tampil di iklan Pepsi berjudul Uncle Drew sebagai pemeran utama dengan nama yang sama. Ia bahkan pernah tampil di serial televisi Kickin’ It dan We Bare Bears sebagai dirinya sendiri. Pada pertengahan 2018 lalu, Irving meluncurkan Uncle Drew dalam bentuk film panjang.

Dalam film Uncle Drew, Irving tentu saja tidak tampil sendirian. Ia mengajak pemain dan bekas pemain NBA lainnya. Beberapa nama bahkan sangat terkenal di dunia basket dan hiburan. Ada Shaquille O’Neal, Chris Webber, Reggie Miller, Nate Robinson, Lisa Leslie, dan Aaron Gordon. Ada pula pemain paling anonim: Wesley Whiterspoon.   

Kyrie Irving (Uncle Drew)

Kyrie Irving berperan sebagai tokoh utama dalam film Uncle Drew. Garda utama Boston Celtics ini menjadi Uncle Drew sejak film itu masih berbentuk iklan Pepsi. Setelah sukses menayangkan iklan tersebut, PepsiCo pun bekerja sama dengan Temple Hill Entertainment untuk menceritakan kisah Uncle Drew dalam film panjang berdurasi 103 menit.

Irving sebenarnya adalah pemain profesional di NBA. Pada mulanya, ia berkarir bersama Cleveland Cavaliers (2011-2017). Ia bahkan sempat merengkuh satu gelar juara bersama LeBron James pada 2016 setelah mengalahkan Golden State Warriors di final. Namun, Irving memutuskan hengkang pada 2017 lalu dan bergabung dengan Celtics di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Sejak bermain di NBA, Irving menorehkan berbagai prestasi. Selain menjadi juara NBA, ia juga pernah menjadi Rookie of the Year sekaligus pemain terbaik Rising Stars Challenge 2012. Ia lalu masuk ke jajaran All-Star sebanyak lima kali di sepanjang karirnya hingga 2017-2018 lalu. Ia bahkan merebut gelar pemain terbaik NBA All-Star pada 2014 silam. Di tahun yang sama, Irving merengkuh gelar pemain basket pria terbaik Amerika Serikat dan pemain terbaik Piala Dunia Bola Basket. Kini, Irving tengah mengincar gelar juara NBA bersama Celtics.         

Shaquille O’Neal (Big Fella)

Ini bukan pertama kalinya Shaquille O’Neal bermain peran. Legenda NBA itu sudah pernah bermain peran di berbagai film dan serial televisi sebelum tampil di Uncle Drew. Ia bahkan menjadi pemeran utama ketika bermain di film Kazaam pada 1996.

Dalam Uncle Drew, Shaq berperan sebagai Big Fella, teman Uncle Drew yang di hari tuanya sibuk mengurus perguruan bela diri. Namun, di kehidupan nyata, Shaq kini bekerja sebagai analis olahraga dalam acara Inside the NBA di TNT. Sebelumnya, ia berkarir di NBA selama 19 tahun sebagai salah satu senter dominan pada zamannya.

Setelah pensiun, Shaq juga menyandang status sebagai Hall of Famer. Ia menjadi legenda bukan tanpa alasan. Bagaimanapun, selama 19 tahun di NBA, ia menorehkan berbagai prestasi mentereng. Salah satunya menjadi juara NBA sebanyak empat kali bersama dua tim berbeda: Los Angeles Lakers (2000-2002) dan Miami Heat (2006). Dua nomor punggungnya pun dipensiunkan oleh dua tim tersebut. Nomor 34 menggantung di Staples Center, sementara 32 ada di langit-langit AmericanAirlines Arena.      

Chris Webber (Preacher)

Chris Webber merupakan fenomena di dunia basket. Ketika kuliah, ia menjadi salah satu dari lima pemain legendaris University of Michigan era 1991 berjuluk Fab Five. Kemudian, ia bermain di NBA dengan lima tim berbeda. Di tahun pertamanya, ia menyabet gelar Rookie of the Year saat membela Golden State Warriors. Namanya semakin terkenal ketika ia bermain di Sacramento Kings di era Greatest Show on Court dari 1998-2015. Nomor punggungnya (4) bahkan dipensiunkan Kings.

Setelah mengakhiri karirnya di NBA, Webber kini aktif di berbagai kegiatan. Salah satunya menjadi analis olahraga di stasiun televisi. Ia bahkan punya acara sendiri di NBA on TNT bertajuk Players Only. Di samping itu, Webber juga berkarir sebagai produser musik yang menelurkan sejumlah album bersama artis hip hop Nas.     

Dalam Uncle Drew, Webber berperan sebagai Preacher atau Pendeta. Ia merupakan teman lama Uncle Drew yang kemudian mengikuti pertandingan jalanan bersamanya.    

Reggie Miller (Wilbur “Lights” Wallace)

Reggie Miller menghabiskan waktunya di NBA bersama Indiana Pacers (1987-2005). Selama itu, ia terkenal sebagai penembak jitu. Ia piawai melesakkan tembakan-tembakan di belakang busur tripoin. Miller pun menduduki peringkat dua di jajaran pencetak tripoin terbanyak sepanjang sejarah NBA dengan total 2560 tembakan.

Selama karirnya, Miller tidak pernah keluar sebagai juara NBA. Namun, namanya melegenda karena ia masuk ke jajaran NBA All-Star sebanyak lima kali. Ia juga menjadi bagian penting Pacers selama hampir dua dekade. Tim asal Indianapolis itu pun mengistirahatkan nomor punggungnya (31). Naismith Memorial Basketball Hall of Fame juga memasukkan namanya ke jajaran legendaris.

Kini, selepas pensiun, Miller bekerja sebagai komentator NBA untuk TNT. Ia lalu ikut mengambil bagian ketika Kyrie Irving dkk. bermain di film Uncle Drew. Saat itu, Miller berperan sebagai Wilbur Wallace alias Lights, seorang teman lama Uncle Drew yang mengalami kebutaan.

Nate Robinson (Boots)

Nate Robinson pernah mampir ke Indonesia untuk berbagi ilmu di DBL Camp 2011. Saat itu, ia tengah membela Oklahoma City Thunder. Namun, sepanjang karirnya, ia tidak bermain di tim itu-itu saja. Robinson termasuk pemain yang gemar berkelana dari satu tim ke tim lainnya.

Di NBA, Robinson membela delapan tim berbeda sejak 2005. Ia bahkan pernah bermain di NBA G League bersama Delaware 87ers. Selama itu, pemain bertinggi 175 sentimeter itu sempat meraih beberapa prestasi seperti tiga gelar kontes menombok NBA (2006, 2009, dan 2010).

Setelah berkarir di NBA dan G League, Robinson sempat bermain di Israel dan Venezuela. Ia berhasil menyabet gelar juara dan pemain terbaik final di LPB Venezuela bersama tim Guaros de Lara pada 2017 lalu. Kini, Robinson pun kembali melanglang buana dengan bermain bersama Homenetmen Beirut di Lebaon.

Di tengah-tengah karirnya sebagai pemain, Robinson ikut mengambil peran dalam film Uncle Drew. Ia bermain sebagai Boots, teman lama Uncle Drew yang mengalami selective mutism (gangguan kecemasan yang mengakibatkan orang tidak mau bicara) dan paraplegia (penurunan fungsi motorik atau sensorik), sehingga harus bergerak dengan bantuan kursi roda. Namun, setelah Uncle Drew menghadiahi Boots sepatu lamanya, ia pun mulai bergerak lagi dan bisa bermain basket, bahkan melakukan tombokan seperti keahlian Nate Robinson di dunia nyata.       

Lisa Leslie (Betty Lou)

Lisa Leslie berperan sebagai Betty Lou, istri Preacher (Chris Webber), dalam film Uncle Drew. Pada mulanya di film itu, Betty Lou mengejar Preacher yang berusaha kabur dari gereja untuk mengikuti kejuaraan basket jalanan. Ia ingin menahan Preacher supaya tidak ikut kejuaraan itu. Namun, pada akhirnya, Betty Lou sendiri justru ikut berpartisipasi dalam kejuaraan untuk menggantikan Big Fella (Shaquille O’Neal) yang jatuh sakit.

Leslie sebenarnya bukan pemain NBA. Namun, ia tetap seorang profesional. Ia bermain bersama Los Angeles Sparks di WNBA pada 1997-2009. Ia merupakan legenda basket perempuan di Amerika Serikat.

Selama karirnya, Leslie membawa Sparks menjuarai WNBA dua kali beruntun (2001 dan 2002). Di tahun yang sama, ia juga menyabet gelar pemain terbaik final WNBA. Selain itu, ia pernah menjadi pemain terbaik WNBA sebanyak tiga kali (2001, 2004, dan 2006). Prestasinya tidak berhenti di situ karena ada lebih banyak lagi yang pernah ia torehkan selama karirnya di WNBA dan kompetisi internasional bersama tim nasional Amerika Serikat. Akibatnya, Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pun memasukkannya ke dalam jajaran legenda basket dunia.  

Aaron Gordon (Casper Jones)

Aaron Gordon, forwarda Orlando Magic, bukan pemain yang sarat prestasi di NBA. Namun, ia berhasil menarik perhatian penggemar lewat tombokan-tombokan fantastisnya. Ia bahkan menawan hati mereka ketika mengikuti kontes menombok NBA pada 2016. Saat itu, pertarungannya dengan Zach LaVine (kini bermain untuk Chicago Bulls) menjadi salah satu kontes menombok terbaik dalam sejarah NBA. Sayangnya, Gordon tidak berhasil keluar sebagai juara.

Pada 2017 lalu, Gordon kembali mengikuti kontes menombok, tetapi LaVine tidak bisa tampil lantaran mengalami cedera. Para penggemar tidak lagi disuguhkan dengan pertarungan kedua pemain tersebut. Gordon bahkan tidak bisa lolos dari putaran pertama.

Dalam film Uncle Drew, Gordon berperan sebagai Casper Jones, seorang pemain basket jalanan yang membelot ke kubu musuh. Ia menjadi musuh Uncle Drew paling jago di lapangan.  

Wesley Whiterspoon (Mario)

Wesley Whiterspoon bukan pemain terkenal. Ia bahkan belum pernah bermain sekalipun di pertandingan NBA. Namun begitu, namanya sempat masuk ke roster San Antonio Spurs sampai akhirnya berlabuh di NBA G League.

Selama karirnya, Whiterspoon pernah membela dua tim G League: Rio Grande Valley Vipers dan Erie Bayhawks. Ia kemudian bermain bersama Hermine Nantes Basket di LNB Pro B, Prancis, pada 2013.

Selang setahun, Whiterspoon merapat ke PNA di Filipina. Ia bermain untuk tim Air21 Express pada 2014. Namun, di tahun yang sama, ia pindah ke Helsinki Seagull di Finlandia. Setelah itu, ia pun terbang ke Jepang untuk bermain di liga kasta kedua di sana bersama Bambitious Nara.

Dalam film Uncle Drew, Whiterspoon berperan sebagai Mario, pemain jalanan yang ikut membelot bersama Casper Jones ke kubu musuh. Seperti dirinya di dunia nyata, peran ini juga tidak begitu mentereng. Whiterspoon layaknya seorang kameo yang perannya tidak diperhatikan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar