IBL

Pada awal Maret 2018 lalu, Kobe Bryant menjadi pemain NBA yang berhasil meraih Piala Oscar. Ia mendapatkan penghargaan itu setelah film animasi pendeknya, Dear Basketball, masuk ke dalam nominasi Best Short Animated Film. Dengan film itu, ia bahkan mengalahkan Leonardo DiCaprio yang memerankan banyak tokoh dalam film, tapi hanya punya satu Piala Oscar. Bryant hanya butuh satu film untuk satu piala yang sama.

Kendati begitu, Bryant tentu bukan satu-satunya pemain NBA yang pernah berperan dalam sebuah film. Ada segelintir pemain atau bekas pemain yang juga berperan dalam sebuah film. Kareem Abdul-Jabbar, misalnya, pernah muncul bersama guru bela dirinya, Bruce Lee, dalam The Game of the Death.

Mainbasket kemudian menelusuri siapa saja pemain atau bekas pemain NBA yang pernah muncul dalam sebuah film. Setidaknya ada enam nama yang kami temukan pernah main di film dengan porsi peran yang cukup banyak. Cukup banyak karena mereka memerankan tokoh utama atau tokoh 

(Baca juga: Kobe Bryant Raih Piala Oscar Lewat Film Dear Basketball)

Michael Jordan–Space Jam (1996)

Space Jam merupakan film kartun Loonet Tunes yang berkolaborasi dengan pebasket Michael Jordan. Dalam ceritanya, Michael Jordan memerankan dirinya sendiri sebagai pebasket NBA yang terkenal. Ia masuk ke dunia kartun bernama Looney Tunes Land, bertemu Bugs Bunny dkk., lalu bergabung dengan tim basket melawan alien yang mencuri kekuatan pemain-pemain NBA.

Film ini boleh jadi film paling terkenal di kalangan penggemar basket. Dengan menggandeng Jordan sebagai tokoh utama, film ini masuk ke jajaran box office movie. Pada 2017, misalnya, film ini menjadi film basket paling laris versi Box Office Mojo. Space Jam pun meraup untung sekitar AS$230-250 juta.

Dennis Rodman–Double Team (1997)

Dalam film Double Team, legenda NBA Dennis Rodman memerankan seorang penjual senjata bernama Yaz. Seperti tampilannya di dunia nyata, Rodman di film aksi komedi ini juga tampak eksentrik dengan gaya berpakaiannya. Belum lagi dengan warna rambut berwarnanya yang khas.

Rodman beradu akting dengan Jean-Claude Van Damme yang berperan sebagai Jack Paul Quinn. Quinn yang bertemu Yaz di Antwerp, Belgia, berusaha menyelesaikan misi memberantas teroris yang membuatnya batal pensiun. Ceritanya pun berlanjut sesuai misi para tokoh utama.

Meski diperankan orang-orang terkenal, film ini justru banyak mendapat respon negatif. New York Times bahkan menilainya tidak berkarakter dan ceritanya berakhir dengan buruk. Namun, Los Angeles Times justru menilainya sebagai film salah satu film terbaik Van Damme dan memuji Rodman.

Ray Allen–He Got Game (1998)

Ray Allen memerankan Jesus Suttlesworth dalam film bergenre drama olahraga He Got Game. Cerita berkutat pada kehidupan Jesus, seorang pemain muda top di Amerika Serikat, yang akan beranjak ke tingkat kuliahan. Ia lalu bertemu ayahnya—diperankan Denzel Washington—yang keluar dari penjara karena tak sengaja membunuh ibunya sendiri. Dengan latar belakangan kehidupan keluarga dan lingkungan di Amerika Serikat, Spike Lee, sang sutradara, memainkan drama di sekitar itu.

Lewat film itu, Allen pun mendapat pujian. Kritikus film Roger Ebert mengatakan, jarang ada seorang atlet bisa akting. Filmnya pun mendapat respon positif setelah 80 persen dari para peninjau memujinya lewat Rotten Tomatoes.           

Shaquille O’Neal–Kazaam

Kazaam merupakan film komedi fantasi yang menceritakan seorang jin dari boombox. Dalam ceritanya, jin bernama Kazaam tersebut memberikan seorang anak kesempatan mengabulkan tiga permintaan.

Legenda NBA Shaquille O’Neal saat itu memerangkan sang jin. Ia mesti beradu akting dengan Francis Capra yang memerangkan Max Connor. Ceritanya lalu berkutat pada masalah Max dan orang-orang di sekitarnya dan Kazaam hadir untuk membantu Max mengabulkan permintaannya.

Kazaam mendapat kritikan dari para kritikus film. Rogert Ebert bahkan hanya memberinya bintang 1,5. Sementara itu, Gene Siskel menyebutnya sebagai upaya marketing, bukan moviemaking.

(Baca juga: Uncle Drew, Iklan yang Merambah ke Layar Lebar)

Kevin Durant–Thunderstruck (2012)

Film Thunderstruck menceritakan tentang seorang anak 16 tahun bernama Taylor Gray yang ingin pandai bermain basket. Suatu hari, ia berkesempatan bertemu dengan Kevin Durant—yang saat itu masih bermain untuk Oklahoma City Thunder—dan sebuah kejadian membuat kekuatan sang bintang NBA itu terisap ke tubuh Gray. Durant pun kehilangan kemampuannya bermain basket, sementara Gray justru menjadi jago.

Gray berhasil menjadi pemain andalan sekolahnya dengan kekuatan Durant. Sementara itu, bintang andalan Thunder malah kesulitan berkompetisi di NBA. Ia pun mencari berbagai cara untuk mendapatkan kekuatannya kembali, sampai akhirnya ia berjumpa Gray lagi. Ceritanya pun berkutat pada pertandingan-pertandingan basket dan kehidupan sang anak dan Kevin Durant sendiri.

Rotten Tomates melaporkan 2 dari 10 peninjau memuji film tersebut dengan ratra-rata nilai hanya mencapai 4,2/10.   

Kyrie Irving–Uncle Drew (2018)

Uncle Drew merupakan film Kyrie Irving, garda Boston Celtics, yang menyamar sebagai orang tua. Ia berkunjung ke lapangan-lapangan basket di sekitarnya untuk melawan para pemuda di sana. Alih-alih menjadi tua renta, Uncle Drew justru menunjukkan kelihaiannya bermain basket.

Pada mulanya, film ini merupakan iklan minuman bersoda. Akan tetapi, rumah produksi Lionsgate kemudian mengangkat ke layar lebar. Film ini pun bahkan belum rilis, tetapi pada Februari 2018 lalu Lionsgate telah mengeluarkan cuplikan video resminya. Jika sesuai rencana, Uncle Drew bakal tayang di bioskop pada Juni nanti.

(Baca juga: Lionsgate Resmi Rilis Trailer Pertama Film Uncle Drew)

Foto: Grantland

Komentar