IBL

Nama Jerry Lorenzo melejit lewat lini busana Fear of God. Ia pernah berkolaborasi dengan Vans dan Converse. Kini, ia sedang sibuk menjalani masa promosi untuk siluet barunya bernama Nike Air Fear of God 1 dibawah lini Nike Basketball. Sepatu itu pun sudah dipakai P.J Tucker bertanding meski siluet tersebut belum resmi dirilis. Oleh karenanya, sosok Lorenzo kian melejit sebagai desainer pendatang baru dengan karya mentereng.

Obrolan mengenai sepatu ini sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu. Ia berada dibawah naungan Leo Chang, penanggung jawab lini Nike Basketball. Misi utamanya adalah menciptakan sepatu basket yang bisa dipakai bermain basket dan bergaya. Inspirasinya datang dari rilisan lawas era 1990-an yang kini merambah hingga ke ranah streetwar. Sebut saja Nike Air Force 1, Air Jordan 1, hingga Nike Blazer.

Kesempatan yang didapat Lorenzo terbilang mewah. Pria dua orang anak itu tidak lagi memodifikasi sepatu yang ada. Lorenzo membuat siluet baru. Komplimentari ini tentu tidak bisa sembarangan diberikan kepada pihak diluar Nike, atau merek sepatu manapun di dunia. Kim Jones pun bernasib sama ketika ia membuat siluet baru khusus untuk LeBron James.

Ia pun menjelaskan motif tersebut saat tampil dihadapan Joe La Puma dari Complex bersama John Mayer. “Saya bukan desainer yang bisa bermain warna. Keahlian saya adalah menciptakan bentuk baru. Hal ini sudah saya komunikasikan pada mereka (Nike) dan mereka menyetujuinya,” tuturnya. Atas hal tersebut, Nike pun perlu mempelajari lebih jauh siluet yang dimaksud sehingga butuh waktu lebih dari dua tahun hingga sepatu ini terealisasi.

Seluruh koleksi Nike x Fear of God yang dirilis bersamaan dengan sepatu.

Tentang inspirasinya, Lorenzo mendaku gaya busana era 1990-an jadi dasar sumber kretivitasnya. “Saya tumbuh bersama (Andre) Agassi, (Michael) Jordan, dan Allen Iverson. Mereka sangat berpengaruh pada bagaimana saya mengolah rasa pada setiap edisi Fear of God. Termasuk sepatu ini,” katanya kepada WWD.

Untuk melengkapi sepatunya, Lorenzo pun mendesain produk pakaian. Banderolnya pun mengikuti harga Fear of God yang terbilang tinggi. Koleksi busana Nike Air Fear of God berharga AS$60-650 sementara sepatunya dihargai AS$ 300-350. Semuanya direncanakan dirilis pada akhir Desember 2018.

“Sebagai seorang desainer dan pebisnis, saya harus punya visi gaya seperti apa yang akan populer di masa mendatang. Namun, saya tidak punya insting untuk menganalisanya. Oleh karenanya, saya hanya berfokus membuat apapun yang saya sukai saat ini,” tutur Lorenzo. Ia juga menambahkan bahwa kerja samanya dengan Nike ini hanya sebagai caranya meluapkan kegemarannya pada Andre Agassi, Michael Jordan, dan Allen Iverson sebagai atlet yang paling ia idolakan.

Foto: Nike, Complex, akun instagram @jerrylorenzo

Komentar