IBL

Cina adalah pusat segala produksi barang di dunia. Tidak bisa dipungkiri pula pemalsuan produk juga terjadi di sana. Meski begitu, otoritas Cina tetap melakukan tindakan tegas. Baru-baru ini, situs resmi Pemerintah Cina (china.org.cn) mempublikasikan berita pemusnahan 500.000 sepatu tiruan/KW yang bernilai sekitar AS$ 87.500.000.

Ratusan ribu sepatu itu didapatkan dari sebuah pabrik yang terletak di Provinsi Bengbu, CIna Timur. Proses investigasi pun sudah dilakukan sejak Desember 2015. Mereka memproduksi produk Vans dan Converse KW yang sebagian besar dipasarkan ke kawasan Timur Tengah. Tidak hanya sepatu, otoritas setempat juga menyita sekitar 60 juta label serta kotak sepatu tidak resmi.

Industri ilegal ini terbilang besar. Pegawainya berjumlah ratusan yang bekerja dalam sembilan alur produksi dengan mesin-mesin yang mampu menangani produksi masif. Luas pabrik mencapai 200 hektar yang terletak di tengah pemukiman padat. Proses penyitaan seluruh aset hingga turun izin untuk melakukan eksekusi dilaksanakan sejak 26 Desember 2016 dengan melibatkan 200-an lebih anggota polisi.

Atas operasi besar ini, sekitar tujuh tersangka utama ditangkap. Rantai produksi produk ilegal ini membawa pihak berwajib pada enam pabrik sepatu KW lain yang bertempat di Provinsi Guangdong, Fujian, dan Zhejiang. Khusus Guangdong, aparat sudah menyita 40.000 barang tiruan yang siap dikirim ke kawasan Timur Tengah. Mereka memastikan seluruh sepatu tiruan yang disita sudah dihancurkan dan seluruh pabrik diberi surat berhenti operasi.

Pemerintah Cina tengah getol menindak tegas pabrikan yang kedapatan memproduksi barang tiruan, termasuk di antaranya sepatu. Walau begitu, bisnis ilegal ini akan tetap dilakukan selama permintaan dari konsumen tetap ada. Oleh karena itu, mulai tinggalkan menggunakan produk luar negeri yang tiruan. Mari mulai membudayakan memakai segala macam produk orisinal dalam maupun luar negeri demi mengurangi produksi barang-barang tiruan.

Baca Juga:

Penjual Sepatu Nike "KW" Diganjar Kurungan Empat Bulan dan Denda AS$ 150 Ribu

Sepatu "KW", Gengsi Yang Tak Sebanding dengan Kemampuan

Foto: Pinterest

Komentar