IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kali ini menanyai Vincent Rivaldi Kosasih, senter Stapac Jakarta sekaligus penggawa tim nasional 3x3 Indonesia, tentang lima lagu favoritnya. Ia memiliki lima lagu favorit dari mancanegara yang melibatkan nama-nama meleganda seperti Metallica dan Guns N' Roses. Simak daftar lagu favorit Vincent, sebagai berikut:

Master of Puppets-Metallica

Master of Puppets adalah lagu milik band heavy metal Amerika Serikat, Metallica. Lagu ini rilis pada 1986 sehingga kini usianya sudah mencapai 32 tahun. Namun begitu, lagu ini tetap cocok dengan generasi baru di seluruh dunia, termasuk Vincent Kosasih yang baru berusia 22 tahun. Sesuai judulnya, Master of Puppets menceritakan tentang sebuah boneka (puppets) yang berusaha keluar dari jerat dalang yang menggerakannya. Metallica membuat ini sebagai kiasan dari efek obat-obatan yang menjerat hidup seseorang.   

Sweet Child O' Mine-Guns N' Roses

Guns N' Roses adalah band dari Amerika Serikat. Mereka merilis lagu Sweet Child O' Mine dalam album debutnya, Appetite for Destruction, pada 1988. Lagu ini lalu mendunia setelah mencapai puncak Billboard Hot 100. Sweet Child O' Mine bahkan menjadi satu-satunya lagu mereka yang mencapai nomor satu. Axl Rose, Sang Vokalis, menciptakan lagu itu sebagai dedikasinya kepada bekas kekasih, Erin Everley.   

Lucky You-Eminem ft. Joyner Lucas

Lagu Lucky You merupakan kolaborasi pertama rapper legendaris Eminem bersama Joyner Lucas. Mereka merilis lagu tersebut dalam album Eminem yang berjudul Kamikaze pada 2018. Sejak itu, Lucky You pun berhasil masuk ke peringkat 10 besar dalam daftar tangga lagu di berbagai negara, seperti: Amerika Serikat, Kanada, Finlandia, Yunani, Irlandia, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, Portugal, Swiss, dan Inggris.  

KOD-J. Cole

KOD adalah singkatan dari tiga kalimat Kids on Drugs, King Overdosed, Kill Our Demons yang menjadi album kelima J. Cole sepanjang karirnya di dunia hiburan. Cole merilis lagu ini pada Arpil 2018 lalu dan kini telah mencapai peringkat 10 besar dalam daftar tangga lagu Amerika Serikat, Billboard Hot 100. Selain itu, KOD juga mendapat ulasan positif sehingga masuk ke jajaran Billboard 200.  

Fantasy-Earth, Wind, & Fire

Maurice White, Verdine White, dan Eddie del Barrio yang tergabung dalam grup Earth, Wind, & Fire menulis Fantasy dan menjadikannya hit di dunia internasional pada 1977. Kemudian, grup musik Eurodance dan Black Box ikut mempopulerkan lagu ini dengan aransemen masing-masing. 

Foto: Mei Linda

Komentar