IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket menanyai Diftha Pratama, garda senior Garuda Bandung, tentang lima lagu favoritnya. Ia memiliki lima lagu favorit dari mancanegara yang melibatkan nama-nama besar seperti DJ Khaled. Simak daftar lagu favorit Diftha, sebagai berikut:

I'm The One-DJ Khaled ft. Justin Bieber, Quavo, Chance the Rapper, Lil Wayne

I’m The One adalah lagu yang ditulis DJ Khaled. Ia berkolaborasi dengan Justin Bieber, Quavo, Chance the Rapper, dan Lil Wayne . Lagu ini rilis pada April 2017 sebagai single keduanya dalam album Grateful

Freaky Friday-Lil Dicky ft. Chrish Brown

Lil Dicky adalah seorang rapper sekaligus komedian asal Amerika Serikat. Ia berkolaborasi dengan Chrish Brown untuk menampilkan lagu Freaky Friday lewat video klipnya. Lil Dicky pada menulis lagu ini tanpa sengaja. Ia sedang duduk di depan televisi, menyaksikan film Freaky Friday yang dibintangi Lindsay Lohan, kemudian ia pun terinspirasi untuk membuatnya menjadi lagu.    

Alone-Marshmello

Alone adalah lagu milik seorang DJ dan produser rekaman Marshmello. Lagu itu rilis pertama kali pada Mei 2016, lalu tersedia secara digital pada Juni. Sejak rilis, lagu itu mendarat di urutan 56 dalam daftar tangga lagu Canadian Hot 100 dan 60 dalam Billboard Hot 100. Secara umum, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang kesepian dan ia merindukan rumah juga orang-orang yang dicintainya.   

Juju On That Beat-Zay Hilfigerrr dan Zayion McCall

 

Juju On That Beat adalah lagu milik duo hip hop Zay Hilfigerrr dan Zayion McCall. Mereka pertama kali mengunggah lagu ini di YouTube pada Juli 2016 dan mendapat 18 ribu penonton. Mereka lalu mengunggahnya lagi pada Agustus dan mendapat 45 juta penonton. Lagu ini juga sempat viral di  media sosial karena diiringi dengan tarian khas yang menjadi semacam tantangan (challenge). 

Strip That Down-Liam Payne

Strip That Down adalah lagu pertama Liam Payne sebagai seorang solois. Ia menulis lagu itu bersama Ed Sheeran, lalu berkolaborasi dengan Quavo untuk menampilkannya pada 2017. Lagu ini merupakan ekspresi kebebasan Liam Payne setelah keluar dari One Direction.

Foto: Hariyanto

Komentar