IBL

Gelaran Solexhibition Part 5 memang sudah berakhir. Acara yang dikhususkan bagi para penikmat sepatu bersol karet itu jadi pilihan anak muda Surabaya untuk menghabiskan akhir pekan. Selain jual beli, terdapat bintang tamu yang menghibur para pengunjung dengan berbagai penampilan. Salah satunya adalah Tuan Tigabelas. Ia adalah Rapper asli Jakarta yang punya cerita mendalam tentang basket dan hip hop.

Mainbasket berkesempatan menemuinya pasca tampil. Malam itu, ia tampil serba hijau. Mengenakan seragam kandang Boston Celtics milik Kyrie Irving, celana kedodoran, dan Puma RS-0. Inilah manuskrip wawancara kami dengan Tuan Tigabelas:

Ini jadi momen perdana Tuan Tigabelas manggung di Surabaya. Apa tanggapannya?

Surabaya penuh dengan rasa cinta. Saya melihat antusiasme luar biasa dari teman-teman di sini. Meski begitu, rasa was-was sempat mendera. Saya dan tim datang satu jam terlambat dari jadwal yang seharusnya karena macet. Kebetulan, RI 1 (Presiden Joko Widodo) juga sedang ada kunjungan ke Kota Pahlawan. Tapi hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk menghibur. Intinya seru dan menyenangkan.

Sejak kapan menekuni musik hip hop?

Sejak saya mengenal basket tahun 2005, saya langsung jatuh cinta dengan musik hip hop. Dulu saya juga suka juga mendengarkan musik menggunakan boombox. Sekitar tahun 2009, otot pergelangan kaki saya cedera parah sehingga kaki saya tidak bisa dipergunakan untuk aktivitas berat, termasuk basket. Jadilah pelarian saya di bidang musik yang dekat dengan basket. Musik itu adalah musik hip hop.

Bila diibaratkan, basket itu pacar pertama sedangkan musik hip hop adalah istri saya hahaha

Siapa musisi hip hop yang jadi inspirasi berkarya?

Kalau dari dalam negeri, Bang Iwa K adalah inspirasi saya. Kalau dari luar negeri, Eminem dan Tupac Shakur adalah panutan saya. Mereka punya sudut pandang yang mengagumkan. Karya-karya mereka tak lekang oleh waktu.

Apakah Tuan Tigabelas punya karya yang secara spesifik membahas tentang basket?

Tentu ada beberapa, aransemennya pun sudah jadi. Namun saya kurang percaya diri untuk merilisnya.

Iwa K pernah merilis lagu tentang basket berjudul Nombok Dong (1996). Beliau sudah menetapkan standar yang begitu tinggi untuk lagu hip hop bertema basket di Indonesia. Begitu saya membuat lagu bertema serupa, saya merasa kurang menampilkan karakter lagu Iwa K tersebut. Saya hanya akan merilis lagu bertema basket bila kualitasnya mendekati lagu Nombok Dong.

Omong-omong, hari ini manggung menggunakan seragam tanding Kyrie Irving. Apa alasannya?

Permainan basket yang dulu saya tekuni adalah basket jalanan (Street Ball) –saya selalu suka kultur jalanan. Irving pun juga mengawali karirnya dari jalanan. Bagi saya, Irving yang seorang pebasket jalanan sudah membuat prestasi sangat baik dalam perjalanan karirnya.

Kehadiran LeBron James di Lakers membuat persaingan di wilayah barat semakin sengit. Rivalitas yang layak untuk ditonton. Namun, hati saya sudah tertambat pada Irving.

Jadi, Irving adalah pebasket terfavorit?

Kekaguman saya terhadap Irving tidak sebesar kepada Kobe (Bryant). Dia dan (Michael) Jordan tidak tergantikan di hidup saya. Sedangkan untuk gaya bermain, saya lebih menyukai (Allen) Iverson.

Hari ini tampak nyaman memakai sepatu Puma. Apakah Tuan Tigabelas sedang menjalani masa kerja sama promosi atau memang suka dengan mereknya?

Sebenarnya memang sedang ada kesepakatan. Namun, bukan sebuah kerja sama yang dilakukan pada umumnya. Hanya komitmen untuk saling mendukung. Kami merasa punya visi yang sama. Selain itu dari sisi historis, Puma lekat dengan kultur b-boy dan hip hop yang berkembang era 1980-an.

Sebagian pengunjung Solexhibition Part 5 menyatakan diri sebagai penggemar Tuan Tigabelas. Ada tanggapan?

Wah, terima kasih banyak!

Surabaya adalah kota besar. Biasanya, sebagian penduduk kota-kota besar lebih sulit untuk diajak bergoyang dan berdansa karena faktor ego, gengsi dan lainnya. Sebut saja sebagian penonton di Jakarta.

Pernyataan yang diajukan benar adanya. Saya melihat ada yang hafal dengan lirik lagu saya dan mereka tidak segan untuk menggerakkan badan menikmati suasana. Kehadiran mereka membuat pengalaman manggung kali pertama di Surabaya jadi lebih berkesan.

Apa impian terbesar yang ingin dicapai dalam berkarir di ranah hip hop?

Kolaborasi dengan Kaka Slank adalah impian saya sejak lama. Selain itu, saat ini sedang memantapkan diri demi melaksanakan tur se-Indonesia. Sedangkan impian terbesar saya adalah berkunjung ke New York, rumah musik hip hop.

Proyek apa yang sedang sibuk dikerjakan?

Album solo pertama rencananya akan dirilis Desember 2018. Untuk tanggal dan informasi lebih lengkapnya masih saya rahasiakan hahaha

Terakhir, gambarkan basket dan hip hop di hidup Tuan Tigabelas?

Mereka menyelamatkan hidup saya. Saya tumbuh di lingkungan yang keras. Sejak mengenal basket dan hip hop, saya tahu kemana jalan hidup. Keduanya adalah kombinasi ampuh untuk menghindarkan saya dari kegiatan-kegiatan negatif semasa remaja hingga kini.

Komentar