IBL

NBA di akhir pekan ini menyajikan laga besar antara dua tim kuat dari dua wilayah. Houston Rockets (Barat) mesti menjamu Boston Celtics (Timur) di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat. Pada kesempatan itu, Rockets berhasil menang dengan skor ketat 123-120, Sabtu malam, 3 Maret 2018.

James Harden, guard andalan Rockets, tampil menawan di laga penuh gengsi ini. Ia mencetak 26 poin, 12 asis, 7 rebound, dan 5 steal. Sementara itu, Eric Gordon menjadi pencetak angka terbanyak dengan 29 poin meski turun dari bangku cadangan. Di sisi lain, Trevor Ariza dan Chris Paul masing-masing menyumbang 21 dan 15 poin.

Celtics tentu bukan tampil tanpa perlawanan. Mereka cenderung bermain kolektif untuk mendulang angka sebanyak-banyaknya. Namun, perolehan poin banyaknya justru datang dari bangku cadangan. Marcus Morris mencetak 21 poin di pertandingan ini. Greg Monroe, Terry Rozier, dan Marcus Smart masing-masing memberi 18, 17, dan 11 poin.

Poin guard andalan Celtics, Kyrie Irving, tampil cukup baik dengan 18 poin dan 6 asis. Beberapa kali ia berhasil mengecoh lawannya dengan gerakan-gerakan apik. Eric Gordon, misalnya, menjadi salah satu korban yang merasakan betapa hebatnya Irving melantun bola. Namun, sayangnya upaya itu tidak berhasil membawa mereka kepada kemenangan.

Secara statistik, kedua tim memang tidak berbeda jauh. Celtics sebenarnya lebih efektif dalam mengeksekusi tembakan. Tembakan field goal mereka mencapai 48,4 persen sementara Rockets hanya 44,8. Pada catatan lain, mereka juga tampak tidak berbeda jauh. Itulah yang membuat pertandingan ini menjadi ketat.

Kunci kemenangan Rockets ada pada lemparan bebas. Para pemain klub asal Houston itu berhasil memanfaatkan lemparan bebas di pengujung laga. Sementara itu, Celtics berkali-kali memberi perlawanan, bahkan andai tembakan Marcus Morris ketika bel berbunyi itu masuk, mereka bisa saja menang. Namun, para pemain Rockets bertahan dengan baik sehingga tembakan itu gagal menemui sasaran.

Dengan demikian berakhirlah laga besar ini. Selanjutnya, Rockets akan melawat ke Oklahoma guna menghadapi Thunder. Celtics juga sama, mereka masih akan melakoni laga tandang dengan melawan Chicago Bulls.   

Foto: Erik Williams/USA TODAY Sports

Komentar