IBL

NBA mengubah aturan tentang sepatu yang memungkinkan para pemainnya kini bebas mengenakan sepatu berwarna apa pun di pertandingan. Nike, sebagai salah satu merek terkenal, lantas tidak tinggal diam. Mereka cepat merespon aturan baru dengan berkolaborasi bersama para ambasadornya untuk menciptakan kreasi baru NikeiD penuh warna dan makna pada September 2018 lalu.

Jayson Tatum, forwarda Boston Celtics sekaligus ambasador Nike, menjadi salah satu pemain yang mendapat kesempatan itu. Ia menciptakan sepatu Nike PG 2 dengan ragam warna yang tidak biasa. Ia pun mengenakannya di pertandingan pembuka NBA 2018-2019 melawan Philadelphia 76ers pada Selasa, 16 Oktober 2018 waktu setempat. Dengan sepatu itu, ia mencetak poin terbanyak Celtics dengan 23 poin.

Selain Tatum, ada enam pemain NBA lainnya yang mendapat kesempatan serupa.

Simak para pemain dengan kreasi sepatu di Nike spesiasl, sebagai berikut:

Nike PG 2 Coloring Book (Jayson Tatum)

Jayson Tatum mengenakan sepatu Nike PG 2 barunya di pertandingan pembuka NBA 2018-2019. Sepatu itu tidak tampil dengan warna yang ada sebelumnya, tetapi justru hadir dengan kreasi multiwarna yang terinspirasi dari anaknya yang baru berusia 10 bulan, Jayson Tatum Jr. alias Deuce. Tatum mengatakan, jika anaknya bisa mewarnai, kemungkinan warnanya akan tampak seperti warna sepatunya.

Secara mendasar, ada sekitar delapan warna yang digunakan dalam kreasi sepatu PG 2 Coloring Book ini: oranye, merah, ungu, biru, kuning, hijau, putih, dan emas. Di bagian lidahnya, tersemat inisial Jayson Tatum (JT) sementara di bagian dalamnya ada inisial Sang Anak.

Nike PG 2 Long Beach (Jordan Bell)

Jordan Bell, senter-forwarda Golden State Warriors, melakoni musim keduanya di NBA pada 2018-2019 ini. Di musim barunya, ia berkesempatan menciptakan Nike PG 2 dengan kreasi warna yang sesuai keinginan. Bell lalu memilih warna-warna yang terinspirasi dari klub dan kampung halamannya di Long Beach, California, Amerika Serikat.

Sepatu itu berwarna dominan biru dan putih dengan aksen emas pada logo di bagian tumit, punggung, dan lidah. Sementara di bagian tumit belakang, tersemat angka 1995 yang menandakan tahun lahir Bell.

Nike Kyrie Low Retro Glow (Luka Doncic)

Ruki (rookie) Luka Doncic segera melakoni pertandingan reguler pertamanya di NBA dengan sepatu baru hasil kreasi bersama Nike. Ia menciptakan Nike Kyrie Low Retro dengan balutan warna biru, hijau, dan putih yang terinspirasi dari jersey lawas klubnya pada 1990-an. Sementara itu, sol luarnya berwarna krem yang bisa menyala dalam gelap.

Nike tidak menyematkan inisial atau logo Doncic di sepatu itu. Mungkin juga karena Sang Pemain belum memiliki logo. Namun, mereka kemudian menyematkan angka 77 sebagai representasi nomor punggung Doncic di NBA.  

Nike Kyrie 4 “Be Different” (Collin Sexton)

Selain Doncic, ruki Collin Sexton dari Cleveland Cavaliers juga berkesempatan untuk menciptakan kreasi sepatunya sendiri bersama Nike. Pada kesempatan itu, ia mengubah Nike Kyrie 4 dengan paduan warna berbeda: biru, ungu, merah, hitam, putih, emas, hijau, dan hijau neon. Warna-warna itu, katanya, terinspirasi dari orang tuanya yang selalu mendorong anaknya untuk mengambil jalan hidup mandiri. Oleh karena itu, Sexton pun menyebut sepatunya “Be Different”.

Di bagian lidahnya, Sexton menyematkan inisial kedua orang tua. Inisial Gia, ibunya, tersemat di sepatu kanan sementara Darnell, ayahnya, di sepatu kiri. Sang ruki juga membubuhkan nomor punggungnya (2) di bagian tumit.  

Nike Kobe AD “Kuzz Control” (Kyle Kuzma)

Kyle Kuzma, forwarda Los Angeles Lakers, telah melewati satu musim di NBA. Kini, ia pun melanjutkan karirnya bersama tim yang sama, tetapi dengan wajah berbeda, terutama setelah kedatangan megabintang LeBron James. Untuk menyambut itu, ia pun menciptakan kreasi baru Nike Kobe AD dengan nama Kuzz Control.

Sepatu itu memiliki warna berbeda di kedua sisinya. Kuz memilih warna hitam untuk menghias bagian luar sementara kuning dipilih untuk bagian dalam. Sementara itu, di bagian punggung, Kuz memilih warna kuning dan ungu sebagai representasi Lakers pada sepatu barunya.

Nike Kobe AD “Mars” (De’Aaron Fox)

Garda tahun kedua milik Sacramento Kings, De’Aaron Fox, sangat menyukai Dragon Ball Z. Namun begitu, kali ini ia tidak memasukkan unsur apa pun tentang kartun favorit tersebut pada sepatu barunya. Ia justru menciptakan kreasi sepatu Nike Kobe AD dengan inspirasi dari klub baseball Houston Astros di kampung halamannya di Houston, Texas, Amerika Serikat, dan minatnya pada tata surya.

Pada sepatu itu, Fox memilih warna khas Astros, biru dongker, dengan aksen merah dan sol bawah berwarna putih. Ia lalu menyematkan inisial nama putranya, Kai Fox (KF), di bagian lidah sepatu.  

Nike KD 11 “France” (Frank Ntilikina)

Frank Ntilikina, garda utama New York Knicks sekaligus tim nasional Prancis, benar-benar menaruh kebanggaannya pada sepatu Nike KD 11. Ia menciptakan sepatu dengan kreasi warna yang terinspirasi dari warna khas bendera Prancis: biru, putih, dan merah. Ia bahkan menyematkan beberapa tanda di bagian tumit sebagai simbol dirinya.

Pertama, Ntilikina menyematkan inisial “FP” yang berarti “French Prince” di bagian tumit di sepatu kirinya. Kedua, ia menyematkan singkatan “MOAM” yang berarti “Man On A Mission” yang tampak saru dengan warna putih di kedua tumit sepatu. Ketiga, ia menyematkan nomor punggungnya (11) di bagian yang sama di sepatu kanannya.  

Foto: Nike

Komentar