IBL

Sejak minggu lalu, laman facebook resmi Saigon Heat Vietnam @SGHeat mengunggah pemain-pemain baru. Ada enam pemain baru yang bergabung dengan Saigon Heat untuk ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019 mendatang. Mereka adalah Khoa Tran, Justin Young, Corey Cilia, Chris Dieker, Michael Soy, dan terakhir Henry Nguyen. Empat dari mereka merupakan pemain keturunan Vietnam.

Saigon Heat kalah di babak semifinal Vietnam Basketball Association (VBA) 2018 setelah mereka menyerah 0-2 dari Cantho Catfish. Tetapi mereka tidak larut dalam kesedihan dan segera menyiapkan tim untuk ABL musim depan. Heat memang membagi tim menjadi dua, yaitu untuk VBA dan ABL. Tetapi kini, pemain-pemain yang akan bertanding di ABL juga sempat bermain di VBA, seperti Khoa Tran dan Justin Young.

Khoa Tran atau yang terkenal dengan nama Mr. Wiggle punya pengalaman di VBA selama tiga musim. Sama seperti Justin Young yang pernah meraih gelar VBA Defensive Player of the Year tahun 2016. Khoa adalah pemain berusia 21 tahun yang bisa mencetak 16,7 poin, 7,5 rebound, 4,6 asis dan 3,3 steal per laga. Jumlah asis dan steal ini menjadi yang terbaik di liga. Sedangkan Young punya keahlian untuk bertahan dan mampu menghasilkan 14,1 poin, 9,8 rebound, 3,0 asis, 3,0 steal per pertandingan.

Di sisi lain, Saigon Heat kini memiliki bakat-bakat muda yaitu Chris Dieker dan Corry Cilia. Semua pemain Saigon Heat untuk ABL musim depan segera berkumpul setelah VBA 2018 berakhir pada 9 September lalu. Kepala Pelatih Saigon Heat untuk ABL Kyle Julius sudah tiba di Vietnam akhir bulan lalu. Ia segera mengumpulkan pasukan guna melakukan latihan intensif.

"Kami sangat senang Khoa bisa bergabung karena saya suka caranya bermain. Justin sudah membuktikan dirinya sebagai seorang juara dan menjadi pemain utama di VBA beberapa musim terakhir. Corey dan Chris akan menjadi tambahan tenaga yang sangat penting bagi kami. Saya pikir mereka cocok dengan rencana kami untuk mengembangkan tim ini menjadi lebih baik lagi," kata Kepala Pelatih Saigon Heat, Kyle Julius, seperti dikutip dari aseanbasketballleague.com.

Saigon Heat musim lalu lolos ke playoff setelah memenangkan 10 dari 20 pertandingan. Tetapi di perempat final, Heat dikalahkan sang juara San Miguel Alab Pilipinas dengan skor 0-2. Untuk meningkatkan kekuatan, mereka mendatangkan banyak pemain baru. Tetapi sayangnya, hingga saat ini Heat belum mengumumkan siapa pemain asing yang akan dipakai untuk musim depan. Kabarnya, Heat tidak akan memakai jasa Maxie Esho yang musim lalu jadi mesin poin tim ini.(*)

Foto: facebook Saigon Heat

Komentar