IBL

Hari ini, 16 November 2018, ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019 resmi dimulai. Pertandingan pertama akan mempertemukan Zhuhai Wolf Warriors melawan Hong Kong Eastern Basketball Team. Sementara itu, wakil Indonesia, CLS Knights akan berlaga di pertandingan pertama melawan Saigon Heat, 18 November 2018, di Ho Chi Minh City. Sebelum bertolak ke Vietnam, CLS Knights menang 74-65 atas Pacific Caesar Surabaya dalam laga uji coba.

Dalam uji coba yang berlangsung di GOR Kertajaya, Surabaya, CLS Knights tidak menurunkan kekuatan maksimal. Hanya Anguilas Montay Brandon dan Maxie Esho yang diturunkan lebih dari 20 menit. Selain mereka berdua, pemain CLS Knights hanya tampil dibawah 16 menit. Montay mencetak 14 poin dan 11 rebound, sedangkan Maxie Esho menambahkan 16 poin. Stephen Hurt yang datang dari bangku cadangan membantu dengan torehan 12 poin.

Menariknya, dalam laga uji coba ini, Pacific mampu meredam akurasi lawannya. CLS Knights hanya mencetak 26 tembakan dari 66 percobaan. Dari sisi tripoin, mereka hanya memasukkan 6 dari 26 percobaan. Sementara itu, Pacific memaksa CLS Knights membuat 17 turn over.

"Ada segi positifnya dari pertandingan uji coba ini. Kami jadi lebih tahu line-up mana yang bisa kami coba saat melawan Saigon Heat nanti. Karakter bermain juga sudah muncul," ucap Asisten Pelatih Koko Heru Setyo Nugroho. "Saat lawan Pacific, field goals hancur. Ini yang perlu diperbaiki. Tapi pemain tentu harus tahu cara menanggulanginya. Dengan defense yang baik dan mencari poin dari fast-break. Seperti yang saya pernah bilang sebelumnya, akurasi tembakan di ABL sangat penting. Karena kalau lawan bisa mengambil defensive rebound, sangat berbahaya. Apalagi kami bertanding di ABL."

CLS Knights bertolak ke Vietnam Jumat pagi. Mereka akan beristirahat satu hari sebelum bertanding. Oleh sebab itu, para pemain diharuskan tetap menjaga kebugaran.

"Kami sengaja melakukan rotasi. Karena walaupun pemain bertanding habis-habisan melawan Pacific, hari berikutnya mereka melakukan perjalanan panjang menuju Vietnam. Jadi lebih baik dirotasi untuk menjaga kebugaran mereka," imbuh Koko.

Meski begitu, setelah menjalani tiga kali uji coba di Surabaya. Tim inti CLS Knights sudah terlihat. Lima pemain yang selalu diturunkan pertama kali adalah Wong Wei Long, Brandon Jawato, Aquilas Montay Brandon, Stephen Hurt, dan Maxie Esho.

Sementara itu, Saigon Heat baru memperkenalkan tim barunya di hadapan publik kemarin, Kamis, 15 November. Kepala Pelatih Kyle Julius membawa tim yang terdiri dari bintang-bintang basket Vietnam. Mereka juga masuk dalam daftar VBA All-Star. Lima pemain utama mereka adalah Chris Dieker, Trevon Hughes, Murphy Burnatowski, Tim Waale, dan Tnanh Sang Dinh.(*)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar