IBL

Juara ASEAN Baskteball League (ABL) 2016-2017, Hong Kong Eastern Basketball Team tidak mampu mempertahankan gelar juara di musim 2017-2018. Mereka juga tidak bisa mengulang sukses dengan mendominasi liga di musim reguler karena ada Chong Son Kung Fu Basketball Club. Lebih menyedihkan lagi, Hong Kong Eastern tersingkir di semifinal setelah kalah 0-2 dari San Miguel Alab Pilipinas. Menyambut musim baru 2018-2019, Hong Kong Eastern menambahkan tiga pemain baru. Mereka adalah Trey Gilder, Yik Lun Chan dan Man Chun Lam.

Kabar bergabungnya tiga pemain tersebut dilansir langsung oleh manajemen di halaman facebook resminya @EasternLongLionsBasketball. Ketiganya diharapkan bisa mengangkat prestasi tim di ABL musim depan.

1. Trey Gilder

Nama Trey Gilder memang terdengar asing. Tapi ternyata dia pernah bermain di NBA bersama Memphis Grizzlies untuk dua pertandingan pada tahun 2009. Karena Grizzlies tidak membutuhkan jasanya lagi, maka ia bergabung dengan Utah Jazz. Di tim tersebut, Trey malah tidak pernah bermain sama sekali. Sementara itu, karirnya dihabiskan di NBA Summer League bersama Orlando Magic, Atlanta Hawks dan Miami Heat.

Karir profesional pertamanya didapat tahun 2008-2009 bersama Colorado 14ers di NBA G-League. Trey bersinar dengan memenangkan kejuaraan dan mencetak rata-rata 13,7 poin, 5,5 rebound dan 1,4 asis per pertandingan.

Forwarda setinggi 2,06 meter tersebut memilih untuk menetap lama di Venezuela. Ia bermain selama tiga musim bersama Panteras de Miranda Venezuela. Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut pernah mencetak 26,5 poin, 6,2 rebound dan 4,1 asis per pertandingan di musim 2017-2018. Ia pun menyandang gelar Most Valuable Player (MVP) Liga Profesional de Baloncesto (LPB) Venezuela.

2. Yik Lun Chan

Nama Yik Lun Chan tidak begitu akrab dengan penggemar basket di Hong Kong, karena dia dikenal dengan nama James Chan. Chan dianggap sebagai salah satu penembak jitu terbaik di Hong Kong. Ia memperkuat tim nasional Hong Kong di FIBA Asia Cup 2013 dengan rata-rata 3,7 poin dan 2,0 rebound per laga.

Chan beberapa tahun terakhir bermain untuk South China Athletic Association (SCAA) dan membantu timnya menjuarai Divison A-1 Championship tiga musim 2012, 2013 dan 2017. Chan merupakan kawan baik dari bintang Hong Kong Eastern, Lee Ki.

3. Man Chun Lam

Man Chun Lam juga dikenal sebagai M.C. Lam juga menjadi bagian timnas basket Hong Kong di FIBA Asia Cup 2013. Rata-rata ia mencetak 4,1 poin dan 2,9 rebound. Tapi kelebihan yang paling menonjol dari Lam adalah kemampuan bertahan yang baik.

Lam juga bermain di Division A-1 Championship sebelum bergabung dengan Hong Kong Eastern. Ia membela klub Winling di tahun 2007 dan 2014. Lam ternyata teman sekolah Lee Ki. Sehingga manajemen Hong Kong Eastern tidak akan khawatir dengan chemistry dengan pemain-pemain lainnya.

Sebelum kabar gembira dengan bergabungnya tiga pemain tersebut, Hong Kong Eastern harus kehilangan sosok penting. Wakil Direktur Mike Heung mengundurkan diri dari tim karena alasan pribadi. Mike Heung punya peranan penting dalam membangkitkan Hong Kong Eastern tiga tahun lalu.

Selain itu, meski sudah mengumumkan tiga pemain baru, belum ada kejelasan mengenai pemain bintangnya. Mereka adalah Christian Standhardinger dan Tyler Lamb. Hingga saat ini, kedua pemain tersebut masih belum bergabung dengan Hong Kong Eastern. Standhardinger baru saja tampil di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang membela timnas Filipina. Sedangkan Tyler Lamb terakhir muncul bersama timnas Thailand di SEABA 2018.(*)

Foto: elsiglo.com, nba.com, facebook Hong Kong Eastern Basketball Team

Komentar