IBL

Tim nasional putri basket 3x3 Indonesia memastikan diri lolos ke babak perempat final Asian Games 2018. Lolosnya Indonesia tidak dibarengi kemenangan di laga terakhir penyisihan Grup D. Indonesia kalah, 9-22 melawan Korea.

Mengandalkan kecepatan individu, Korea mendominasi permainan. Jinyeong Kim mencetak poin terbanyak dengan 10 poin. Gyuhee Choi 7 poin. Jieun Park 3 poin dan Jinhee Kim 2 poin.

Indonesia sempat tertinggal 0-6 sebelum Ayu Sriartha memasukkan satu poin melalui tembakan gratis. Ayu mencetak total 5 poin, Ni Putu Eka Liana 2 poin, dan Maria Delaya serta Christie Rumambie masing-masing satu poin.

“Kami lengah. Kami tidak fokus. Kami kurang pemanasan. Itu yang terjadi tadi,” kata Ayu Sriartha seusai laga. Ayu bermain selama 7 menit 12 detik, sementara porsi terbanyak dilakoni oleh Christie yang bermain lebih dari delapan menit.

“Kami tidak menjalani instruksi pelatih dengan baik. Para pemain Korea membuka ruang dengan baik,” ujar Christie.

Di bawah asuhan pelatih Wahyu Widayat Jati, timnas putri 3x3 langsung melakukan evaluasi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi Jepang. Menurut Coach Wahyu, timnya bermain buruk karena gugup.

Pemain Korea Jinhee Kim mendaku bahwa meski menang dengan selisih poin lebar, timnya cukup sulit menaklukkan Indonesia. Kim mengatakan bahwa Ayu sangat sulit dihentikan.

Sebelum berhadapan dengan Korea, Indonesia lebih dulu menang melawan Suriah, 16-15; dan menang melawan Sri Lanka, 21-9. Di babak perempat final, Indonesia akan menghadapi Jepang. Jepang adalah pemuncak klasemen Grup B.(*)

Foto: Antara/Inasgoc/Ridhwan Siregar

Komentar