IBL

Setelah menghadapi lawan mudah Timor Leste di hari pertama, Indonesia menemui tantangan berat melawan India. Dalam laga kedua 18th Asian Games Invitation Tournament hari ini, 9 Februari, yang berlangsung di Hall Basket Senayan Jakarta, Indonesia harus mengakui keunggulan India, 66-55.

Kehadiran Satnam Singh Bhamara di skuat India sangat berpengaruh. Center yang pernah di-draft oleh tim NBA Dallas Mavericks pada tahun 2015 ini menjadi dinding tebal yang sangat sulit ditembus. Indonesia sulit bermain pos di sekitar area lubang kunci India. Sebaliknya, India bermain tenang dan relatif santai untuk unggul sementara 17-13 di kuarter pertama.

Kesulitan menerobos ke dalam ditambah akurasi tembakan medium dan jauh yang tidak begitu bagus (26,8 persen) membuat Indonesia masih tertinggal 34-28. India produktif melalui Joginder Singh dan Aravind Annadurai yang masing-masing sudah mencetak delapan angka.

"Kami memang serius membangun kekuatan bola basket kami," Gri Prasad, asisten pelatih India setelah laga. "Pada pertandingan kali ini, kami mencoba memperbaiki kekurangan-kekurangan saat berhadapan dengan Thailand di hari kemarin (8 Februari)."

Penampilan Xaverius Prawiro dan Andakara Prastawa di kuarter ketiga mampu membuat Indonesia mendekati raihan poin India. India sendiri mulai kesulitan mengembangkan permainan. Satnam Singh selalu mendapatkan penjagaan ganda di bawah ring, sementara tembakan jauh mereka mulai tak begitu akurat. Indonesia unggul di kuarter ketiga, 17-12.

Performa di kuarter ketiga tidak mampu dipertahankan. Tertinggal hanya satu angka (46-45) di awal kuarter empat, raihan poin Indonesia tersendat-sendat. Avan Seputra yang mampu mencetak 13 angka sampai kuarter kedua, tak mampu lagi menambah angka. Poin Avan menjadi poin tertinggi di antara para pemain Indonesia lainnya. Jamarr menyusul dengan 9 poin, 14 rebound dan 3 asis. Xaverius pun mencetak 9 poin.

"Kami minta maaf karena kalah hari ini," kata Fictor G. Roring, kepala pelatih tim nasional Indonesia. "Kami akan berusaha lebih baik lagi besok saat melawan Thailand."

Pemain India Joginder Singh menjadi pengumpul angka terbanyak di timnya. Joginder mengumpulkan 19 poin dan 11 rebound, ditambah 7 asis. Satnam Singh juga mencetak double-double, 11 poin dan 12 rebound. Performa sangat baik juga ditunjukkan oleh Aravind Annadurai dengan mencetak 16 poin, 8 rebound dan 2 asis.

Besok, 10 Februari, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. Thailand sendiri hingga hari ini sudah memenangkan dua laga. Selain mengalahkan Timor Leste hari ini dengan kedudukan telak 128-37, Thailand juga mengalahkan India kemarin dengan skor, 79-72.(*)

Foto: Mei Linda

Komentar