IBL

Gelaran Honda DBL East Java Series 2018 melakoni laga puncak kemarin, Jumat 24 Agustus 2018. Pada perhelatan itu, Mainbasket 3x3 Basketball Championship turut menentukan sang jawara. Keempat tim terbagi dalam dua kategori, putra dan putri, untuk menentukan siapa yang terbaik.

Laga final pertama untuk kategori putri mempertemukan SMA St. Louis 1 Surabaya dan Nation Star Academy (NSA) Surabaya. Ritme pertandingan di lima menit pertama berjalan seimbang. Kedua tim berhasil menyarangkan masing-masing dua angka. Meski demikian, NSA mampu menunjukkan mental juara dengan mendominasi hingga laga berakhir. Mereka pun berhak atas gelar juara setelah menghempaskan perjuangan Sinlui, julukan SMA St. Louis 1 Surabaya, dengan skor 5-2.

Skuat SMA St. Louis 1 Surabaya (kiri) dan skuat Nation Star Academy Surabaya (kanan) berfoto dengan Yondang Tubangkit, General Manager PT DBL Indonesia kemarin, Jumat 24 Agustus 2018.

 

Sementara di laga putra, tim kuda hitam SMA Dr. Soetomo diluar dugaan mampu membungkam SMA Gloria 1 Surabaya. Mereka diluar dugaan mampu menguasai ritme sepanjang laga bergulir. Setelah tertinggal 3-0, MA Gloria 1 sempat menipiskan jarak menjadi 3-2. SMA Dr. Soetomo tidak tinggal diam. Mereka menghentak untuk menjauhkan jarak menjadi 5-3. Hingga bel berbunyi, SMA Gloria 1 tidak bisa membalikkan keadaan.

Selain gelar juara, SMA Dr. Soetomo mencatatkan prestasi lain. Demito Surya, pemain andalan mereka, berhasil menyabet gelar MVP. Penobatan itu berdasar pada kontribusi besar Demito untuk sekolahnya di sepanjang laga bergulir. Bahkan di laga final, Demito bermain apik dengan menceteka dua angka. Selain itu, ia juga berhasil memimpin rekan setimnya agar tidak terbawa ritme permainan lawan.

Setelah Surabaya, gelaran basket 3x3 pelajar terbesar di Indonesia ini menyambangi Manado, Bekasi dan Cirebon. Seluruh peserta Mainbasket 3x3 sudah mendaftar secara daring di play.fiba3x3.com. Melalui situs resmi FIBA itu, penggiat basket di dunia bisa melihat perkembangan berbagai hal tentang basket 3x3 mulai dari kompetisi, skor, hingga pemain.

Denito Surya, MVP Mainbasket 3x3 Indonesia Competition di ajang Honda DBL East Java Series 2018 dari SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Foto: Dika Kawengian / DBL Indonesia, Alexander Anggriawan / Mainbasket

Komentar