IBL

Kepindahan LeBron James dari Cleveland Cavaliers ke Los Angeles Lakers menarik perhatian dunia belakangan ini. Tidak jarang kepindahannya juga menjadi buah bibir masyarakat, bahkan saat hal itu masih rumor. Para pemain dan pelatih hingga kini juga masih mau memberikan perhatiannya soal itu.

Kevin Durant, forwarda Golden State Warriors, misalnya, melihat kepindahan James ke Lakers sebagai sesuatu yang baik. Ia senang teman sekaligus rivalnya itu bisa pindah ke tim di Wilayah Barat, meski sedikit-banyak kepindahan James ke Lakers mengubah peta kekuatan di wilayah tersebut. Bagaimanapun, Lakers dan Warriors boleh jadi sering bertemu karena berasal dari satu wilayah yang sama.

“Saya menyukainya. Saya benar-benar menyukainya,” ujar Durant seperti dikutip NBA.com. “Saya pikir itu keputusan yang sempurna, langkah yang sempurna, ia sudah melakukan apa yang mesti dilakukannya di Cleveland."

"Saya pikir ini langkah baru yang sempurna, ia semacam meruntuhkan penghalang dari apa yang seharusnya dilakukan seorang megabintang NBA. Kita pikir kita mestinya bermain di satu tempat. Saya justru berpikir ia melakukan hal bagus karena menjalani bab-bab kehidupan yang berbeda. Saya pikir itu membuat karirnya menjadi menarik ketika ia menyelesaikannya.”

    

James sendiri memang sudah sejak lama menjadi pusat perhatian di mana pun ia bermain. Selama delapan tahun terakhir ini, misalnya, ia selalu tampil di final NBA, baik dengan Miami Heat (4) dan Cleveland Cavaliers (4). Ia bisa saja mengulanginya musim depan, tetapi Durant dan Warriors tentu saja tidak akan tinggal diam. Apalagi mereka memiliki pemain-pemain kelas atas yang akan sulit diruntuhkan. Skuat utama mereka saja semuanya bergelar All-Star.

Dengan skuat seperti itu, Steve Kerr, kepala pelatih Warriors, jadi tidak mau ambil pusing dengan kepindahan James ke Lakers. Sebagaimanapun James sempat menyusahkannya di final dalam empat musim belakangan, ia merasa dirinya tidak perlu memikirkan sang megabintang karena ia punya tim sendiri yang perlu diurus. Ia merasa tenang-tenang saja melihat James pindah.

“Saya tidak akan memikirkannya karena saya punya tim yang harus saya khawatirkan sendiri,” kata Kerr seperti dikutip ESPN.

 

Pernyataan Kerr memang tampak beralasan. Ketika ia memiliki lima pemain All-Star dalam skuat utamanya, ia perlu mengendalikan ego pemainnya supaya tim ini bisa tetap berjalan. Apalagi kini mereka memiliki DeMarcus Cousins yang baru pindah ke timnya dari New Orleans Pelicans. Durant bahkan melihat ini sebagai sebuah kesempatan bagi Cousins untuk membuka lembar barunya.

“Saya senang karena saya tahu betapa pentingnya saat ini untuk DeMarcus, untuk menemukan tim dan menemukan seseorang yang akan membantunya melewati cederanya lalu bermain basket lagi,” kata Durant.

Maka, pada titik ini, baik Warriors tidak bisa terlalu memikirkan kepindahan James. Sang Raja memang menjadi seteru mereka belakangan ini, tetapi Warriors memiliki masalahnya sendiri. Mereka perlu bersatu untuk kembali merengkuh gelar juara dan mempertahankan dinastinya sendiri.

Foto: NBA

Komentar