IBL

Untuk membantu mempromosikan Museum Vincent Van Gogh, lini sepatu skateboard Vans membuat sepatu edisi khusus dengan motif lukisan pelukis Belanda tersebut. Mereka menggunakan siluet Authentic, Old Skool, Slip-On, dan Sk8 Hi sebagai kanvas. Seluruh siluet sepatu tersebut diberi motif gambar lukisan-lukisan Van Gogh.

Selain sepatu, kedua belah pihak sepakat untuk merilis koleksi baju berornamen senada. Koleksi tersebut meliputi kaos, topi, tas, jaket bomber serta jaket hoodie. Terdapat delapan jenis baju, dua topi, sebuah tas, serta enam jenis sepatu.

Tidak semua lukisan Van Gogh terpilih untuk dijadikan motif. Pihak museum menyepakati penggunaan lukisan Sunflower (dibuat pada 1880), Almond Blossoms (dibuat pada 1890), Self Portrait (dibuat pada 1889), dan Skulls With Burning Cigarette (dibuat pada 1886). Seluruh keuntungan penjualan kolaborasi ini akan digunakan untuk pelestarian karya Vincent Van Gogh serta untuk mengembangkan dunia seni lukis impresionisme.

Vincent Van Gogh adalah pelukis beraliran pascaimpresionisme yang lahir pada 1853 dan meninggal pada 1890. Kebanyakan karyanya selesai di dua tahun terakhir masa hidupnya. Ia melukis objek pemandangan, potret wajah, ekspresi, serta melukis potretnya sendiri. Ciri khas karya lukisnya adalah penggunaan warna terang cenderung impulsif dan dramatis. Gaya lukisnya ini jadi pondasi karya lukis modern. Ia banyak membicarakan seni bersama Paul Gauguin dan Emile Bernard di Paris, Prancis, semasa hidupnya.

Sayangnya, Van Gogh mengakhiri hidupnya akibat kemiskinan dan gangguan mental. Saat meninggal pada 1890, ia tidak sempat menjual satupun karya seninya. Van Gogh meninggal dengan meninggalkan ribuan karya yang tidak bertuan. Tercatat mendiang Van Gogh menghasilkan 2100 karya dengan 860 diantaranya adalah lukisan menggunakan cat minyak.

Taman bunga matahari yang berada di depan Museum Vincent Van Gogh di Belanda.

Beruntung ia memiliki keponakan bernama Willem Van Gogh. Ia adalah anak dari adik kandung Van Gogh. Pascakematian ibunya pada 1925, ia memutuskan untuk menyelamatkan karya-karya pamannya. Willem kemudian menggunakan rumah almarhum ibunya sebagai tempat penyimpanan. Ia lalu mengajukan permohonan dana ke pemerintah Belanda untuk membantu pengurusan hak cipta karya dan dana untuk pembangunan museum.

Proposal pembangunan museum disetujui 38 tahun kemudian. Proyek tersebut akhirnya dilaksanakan pada 1963 dengan Gerrit Rietveld jadi arsitekturnya. Selang setahun, Willem Van Gogh meninggal dunia sehingga proyek ini dilanjutkan Kisho Kurokawa. Museum Vincent Van Gogh resmi dibuka pada 1973 dan kini menduduki jadi museum paling ramai kedua di Belanda setelah Rijksmuseum. Dalam setahun, setidaknya 1,8 juta pengunjung datang kesana dengan 85% berasal dari luar negeri.

Foto: Vans, Situs Resmi Vincent Van Gogh Museum

Komentar