IBL

Pebasket muda Utah Jazz, Donovan “Spida” Mitchell, beberapa waktu lalu mencuit kabar kerja sama lebih lanjutnya dengan adidas. Ia memberi sinyal akan punya sepatu khusus (signature shoes). Media-media luar negeri pun seketika berspekulasi Mitchell akan jadi pebasket yang menyusul pencapaian James Harden, Damian Lillard, dan Derrick Rose.

Donovan Mitchell membuka 2017 dengan gelar peringkat dua Rookie of the Year setelah Ben Simmons. Gaya permainannya yang eksentrik serta berkharisma di luar lapangan membuatnya mudah meraup atensi. Wajar bila adidas menjadikannya senjata untuk mendongkrak penjualan sepatu basketnya. Pasca Ben Simmons resmi digandeng Nike, perekrutan Mitchell menjadikan persaingan dua merek tersebut kian memanas.

Kepopuleran pemain 21 tahun ini semakin meningkat setelah adidas membuatkannya kampanye bertajuk “Not a Rookie”. Kampanye ini juga meliputi perilisan koleksi kaos dan jaket hoodie. Grafis pada kaos tersebut menggambarkan niatan Si Tiga Garis dan Donovan Mitchell untuk menggoyang legitimasi Ben Simmons sebagai Rookie of the Year.

Kabar itu menguat setelah Donvan Mitchell mengekanan sepatu adidas BYW X PE “Spida” yang diunggah lama Nice Kicks pada 1 Juli 2018. Sepatu itu tidak dibuat masal, hanya diproduksi khusus untuk Donovan Mitchell. Kehadirannya juga sebagai strategi promosi siluet BYW X yang sedang getol dipasarkan adidas.

Derasnya rumor tersebut seketika dibantah Eric Wooyard, pewarta Utah Jazz. Melalui akun Twitternya, Wooyard mengatakan bahwa adidas tidak akan merilis sepatu khusus Donovan Michell dalam waktu dekat. Meski demikian, ia membocorkan bahwa kedua belah pihak sedang merumuskan sesuatu yang menarik (good things are happening).

Ben Simmons (Nike) dan Donovan Mitchell (adidas) jadi pebasket muda paling disorot sepanjang musim 2017-2018. Meski Simmons merengkuh gelar terbaik, Mitchell menunjukkan bahwa ia punya daya jual serta kharisma yang tidak bisa diremehkan. Persaingannya semakin ketat setelah keduanya menandatangani kontrak dengan dua penguasa produsen sepatu basket di NBA. Untuk hal itu, belum ada pertanda siapa yang terbaik.

Sepanjang musim perdana, Mitchell tampak nyaman dengan adidas Dame 4. Ia sesekali juga menggunakan adidas BYW X. Lewat rekam jejak sepatu yang dipakai, masih sulit menerka seperti apa bentuk sepatu khusus Mitchell, bila wacana ini benar terjadi.

Foto: Bleacher Report, Sports Illustrated, Clutch Point

Komentar