IBL

Hari ini, Kamis, 5 Juni 2018, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Jakarta-Palembang melakukan pengundian tujuh cabang olahraga beregu, termasuk bola basket. Dari hasil undian tersebut, timnas basket Indonesia putra dan putri langsung bertemu juara bertahan di babak penyisihan. Ini membuat tugas mereka mewujudkan target lolos ke babak kedua lebih berat.

Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan Asian Games untuk bola basket putra, ada delapan negara yang mendapatkan predikat sebagai unggulan. Ini berdasarkan peringkat mereka di gelaran sebelumnya yaitu Asian Games 2014 Incheon. Delapan negara tersebut adalah juara Korea Selatan, disusul Iran, Jepang, Kazakhstan, Cina, Qatar, Filipina dan Mongolia. Posisi mereka di grup juga sudah ditentukan seperti di bawah ini;

Bila pesertanya lebih dari 12 negara, maka akan digelar babak kualifikasi. Tetapi tahun ini, hanya ada 11 negara peserta, maka tidak ada babak kualifikasi dan langsung ke babak penyisihan grup. Setelah pengundian, inilah pembagian grup babak penyisihan untuk basket putra;

Indonesia bergabung di grup A bersama juara bertahan Korea Selatan, Mongolia dan Thailand. Korea Selatan sudah 10 kali menjadi finalis Asian Games dan mendapatkan empat medali emas. Sementara Mongolia dari empat edisi Asian Games, mereka selalu berhasil memperbaiki peringkat. Terakhir dari peringkat sembilan di Asian Games 2010 di Guanzhou, menjadi peringkat kedelapan di Incheon.

Sementara itu, Thailand selalu menjadi lawan yang berat bagi Indonesia. Beberapa turnamen antar-negara Asia Tenggara baik SEA Games dan SEABA, Indonesia dan Thailand selalu terlibat pertarungan sengit. Terakhir, Indonesia menang 75-74 atas Thailand di SEABA 2018, Pra-Kualifikasi Piala Asia 2021.

Di kategori putri, basket Asian Games 2018 diikuti 10 tim. Aturannya, empat tim terbaik di edisi sebelumnya mendapatkan tempat istimewa sebagai unggulan. Mereka adalah Korea Selatan, Cina, Jepang dan Taiwan.

Setelah diundi, Indonesia lagi-lagi berada satu grup dengan juara bertahan Asian Games 2014 yaitu tim Korea Selatan. Berikut hasil pengundian babak penyisihan grup untuk kategori putri;

Indonesia akan bersaing dengan Korea Selatan, Taiwan, Kazakhstan dan India di babak penyisihan grup X. Korea Selatan dan Taiwan sudah terbukti kekuatannya. Di basket putri Asia, kedua tim tersebut selalu sukses bertengger di empat besar. Sementara itu, Kazakhstan dan India juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka menduduki peringkat kelima dan keenam di Asian Games 2014 Incheon.

"Terus terang setelah mengetahui hasil undian, kami tidak tahu pasti kekuatan calon lawan. Peluang kami lolos ke babak selanjutnya tetap ada, tetapi kami tidak boleh lengah karena lawan lebih memiliki jam terbang dan pengalaman lebih baik dari Indonesia," komentar Kepala Pelatih Timnas Basket Putri Indonesia, Arif Gunarto.

Tim putri Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Menurut Arif Gunarto, perkembangan mereka cukup baik. Karena lawan-lawan uji tanding di Korea Selatan bermain keras, mereka jadi terbiasa dengan permainan keras. Ini bisa jadi modal berharga saat menghadapi lawan, khususnya di babak penyisihan grup X.

Foto: Media dan PR, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018

Komentar