IBL

Pemegang 20 piala Grand Slam, Roger Federer, memutuskan hengkang dari Nike setelah menjalani 10 tahun kerja sama. Petenis asal Swiss ini dikabarkan telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Uniqlo bernilai kontrak tinggi. Walau hengkang, Federer merupakan petenis yang tidak hanya melahirkan prestasi, namun juga sepatu tenis dengan desain dari pebasket favoritnya.

Kabar hengkangnya ini tengah ramai diberitakan di berbagai media mengingat ia saat ini sedang memegang predikat petenis terbaik kedua dunia di bawah Rafael Nadal. Selain itu, kerja samanya dengan Nike dianggap sebagai salah satu yang terbaik di ranah tenis.

Walau ia adalah atlet tenis, Federer mengungkapkan bahwa ia mengidolai Michael Jordan. Semasa kecil saat akhir pekan, ia biasa menonton acara berita informasi seputar NBA. “Nama-nama seperti Scottie Pippen dan Michael Jordan selalu saya tunggu. Di antara semua pemain, tentu Jordan jadi pusat perhatian,” ujarnya pada Joe La Puma dalam episode Complex: Sneaker Shopping pada 5 September 2017 lalu.

Sejalan dengan mengidolai Jordan, ia juga mengaku mengidolai sepatu yang dipakai. Oleh karena itu, ketika ia menjadi duta Nike untuk ranah tenis, ia membawa sepatu Jordan yang ia favoritkan sebagai rujukan desain. “Saya menyukai Air Jordan 3. Untuk itu, suatu kehormatan bisa bekerja bersama Tinker Hatfield sang desainer sepatu tersebut,” imbuhnya.

Dibantu Hatfield, Federer mendapatkan sepatu khusus miliknya. Sepatu itu bernama NikeCOURT Zoom Vapor AJ3 by Jordan. Sepatu itu adalah gabungan dari Nike Zoom Vapor Court 9 rilisan 2014 dan Air Jordan 3 White Cement rilisan 1988. Proses kombinasi dua sepatu tersebut hanya terjadi satu jam. “Hatfield adalah orang yang luar biasa. Saya melihat sendiri ia menggambar sepatu saya di iPad miliknya, proses itu berjalan satu jam saja,” kata Federer.

Bagian atas mengadopsi Nike Zoom Vapor Court dengan ciri khas kuncian kaki bernama Dynamic Fit Technology. Pada bagian sol, Federer lebih memilih sol Zoom Air daripada bantalan udara dari Air Jordan 3. Pada bagian sol samping, tersemat logo RF. Warna putih-merah dengan ornamen kulit gajah jadi warna perdana edisi ini yang kemudian diikuti beberapa warna lain.

Setelah sepatu tersebut, Nike menghadiahi beberapa sepatu tenis khusus untuk Federer. Di antaranya adalah edisi khusus Nike Tennis Classic, Nike Tennic Classic Ultra Flyknit, Nike Oscillate Evolve RF, dan edisi warna khusus lain yang dirilis kemudian.

Dengan keluarnya petenis 38 tahun ini dari Nike, maka kita tidak akan menemui lagi pengembangan sepatu-sepatu tenis tersebut. Walau begitu, Federer digadang-gadang akan menelurkan busana tenis dengan kenyamanan mengikuti standar Uniqlo. Perusahaan pakaian siap pakai asal Jepang mengontrak Federer AS$30 juta per tahun. Jumlah itu meningkat tiga kali lipat dari yang ia terima di Nike 10 tahun terakhir.

Foto: Nike, GQ

Komentar