IBL

Dwane Casey baru saja kehilangan pekerjaan ketika Toronto Raptors kalah di putaran kedua playoff 2018. Namun, kini nasibnya tengah berubah lagi. Detroit Pistons, yang memutuskan kerja sama dengan Stan Van Gundy, merekrutnya sebagai kepala pelatih baru hari ini, Selasa, 11 Juni 2018 waktu setempat.

Klub asal Michigan, Detroit,  Amerika Serikat, itu akan mengenalkan Casey secara resmi minggu depan. Maka, sambil menunggu hari itu tiba, ia hanya akan menemui para pemain dan staf untuk memulai pekerjaannya sebagai pelatih baru.

Sebelum melabuhkan hati kepada Casey, Pistons telah melakukan pencarian sejak Mei 2018. Namun, di antara segelintir kandidat, Tom Gores selaku pemilik klub pada akhirnya memilih Casey.

“Dwane (Sasey) adalah salah satu pelatih tersukses dan sangat dihormati di liga,” ujar Gores, seperti dikutip laman resmi klub.

“Dia merupakan komunikator dan pemimpin yang baik yang akan cocok dengan pemain kami dan mempercepat perkembangan mereka. Setelah menghabiskan waktu bersama Dwane beberapa minggu ini, saya percaya ia adalah orang yang tepat yang dapat membawa kami ke tingkat selanjutnya.”

Menurut Gores, ketika ia bertemu Casey belakangan ini, sang pelatih menunjukkan wawasan yang bagus untuk timnya. Ia menilai Casey dapat memimpin tim ini untuk berkembang lebih jauh, seperti apa yang ia lakukan terhadap Raptors.

Pada 2017-2018, misalnya, Casey berhasil membawa Raptors melakoni musim terbaik mereka. Tim asal Toronto, Ontario, Kanada itu memenangkan 59 dari total 82 pertandingan musim reguler sebelum tumbang di putaran kedua playoff dari Cleveland Cavaliers. Casey, dengan jumlah kemenangan itu, membuat Raptors memimpin Wilayah Timur sebagai unggulan pertama. Ia bahkan membuat Raptors mengarungi musim terbaiknya selama keikutsertaannya di NBA. Maka, dengan kemampuannya mengembangkan sebuah tim, Gores pun tertarik untuk menjadikannya nakhoda baru di bahteranya.

Sementara itu, Casey sendiri mengaku sangat tertarik untuk melatih Pistons.

“Saya gembira dan merasa terhormat untuk bergabung dengan Detroit Pinstons, sebuah klub dengan sejarah juara dan pemain yang siap menang sekarang,” ungkap Casey. “Tom (Gores) menarik saya dengan visinya pada tim dan kota ini. Dia jelas ingin memberikan segalanya untuk para penggemar di Detroit dan saya percaya pada kekuatan kepemimpinannya untuk melakukannya.”

Dengan keputusan ini, Casey pun mengalahkan kandidat kuat lainnya, seperti Kepala Pelatih John Beilein (University of Michigan) dan Asisten Pelatih Ime Udoka (San Antonio Spurs). Casey telah berhasil memberi impresi yang cukup kepada Pistons, sehingga klub tersebut mempercayakan timnya kepada kandidat Coach of the Year 2017-2018.

Foto: NBA

Komentar