IBL

Phoenix Suns telah berpisah dengan kepala pelatih Monty Williams. Kabar ini pertama kali ditulis oleh Bill Reiter dari CBS Sports. Suns tampaknya memiliki ekspektasi juara musim ini setelah mendatangkan Kevin Durant. Namun, perjalanan mereka musim ini berakhir karena rekor kandang yang buruk di putaran kedua. Maka pelatih NBA paling banyak memenangkan pertandingan selama tiga musim terakhir ini terpaksa kehilangan pekerjaan. Sepertinya, tidak butuh waktu lama bagi pelatih Williams untuk mendapatkan tim baru. Karena ada tiga klub yang mengincarnya.

Mat Ishbia, yang mengambil alih kepemilikan tim tiga bulan lalu, membuat keputusan untuk memecat Williams setelah Suns kalah dari Denver Nuggets (100-125), di Gim 6 Semifinal Wilayah Barat. Ishbia juga yang sebelumnya membuat keputusan untuk mendatangkan Durant, yang dinilai sebagai rencana jangka pendek untuk meningkatkan peluang meraih gelar juara. Meski pada akhirnya langkah besar yang diambil Ishbia belum membuahkan hasil. 

Meskipun Williams melatih Suns hanya selama empat musim, dia menjadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah klub tersebut. Pada 2019, dia mengambil alih tim yang telah tersingkir dari babak playoff selama hampir satu dekade. Williams berhasil memimpin Suns dengan rekor 8-0 di gelembung Orlando, yang akhirnya hampir mencapai babak playoff 2020. Kemudian Suns menukar Chris Paul di akhir musim 2020 dan itu membantu tim meraih kesuksesan luar biasa. 

Foto: Sky Sport

Williams memenangkan Coach of the Year NBA pada tahun 2022 dan membawa Suns ke Final NBA 2021. Tapi kesalahan langkah playoff, serta hubungan dengan pemilik klub yang kurang harmonis menjadi catatan buruk bagi Williams di mata manajemen. Sekarang Suns tidak punya kepala pelatih, sama seperti Milwaukee Bucks, Detroit Pistons, dan Toronto Raptors. Namun uniknya, menurut Shams Charania dari The Athletic, tiga tim tersebut berminat merekrut Williams. 

Masih menurut Charania, manajemen Bucks terlihat agresif mengejar Monty Williams. Mereka sekarang menempatkan Williams di daftar teratas pelatih yang diincarnya. Sama seperti Suns, Bucks memecat mantan pelatih kepala Mike Budenholzer menyusul penampilan mengecewakan di playoff, setelah tersingkir pada putaran pertama di tangan Miami Heat.

Sementara itu, Detroit Pistons sedang mencari sosok yang tepat untuk mengisi kekosongan kepala pelatih, setelah Dwane Casey mengundurkan diri pada bulan April 2023. Adapun Raptors, mereka mencari pelatih baru setelah pemecatan Nick Nurse. Raptors memutuskan berpisah dengan Nurse, meski pelatih tersebut mampu membawa tim ke Final NBA pada tahun 2019.

Sebaliknya, Suns sekarang mengincar beberapa nama kepala pelatih. Mereka dilaporkan akan mewawancarai beberapa nama termasuk Mike Budenholzer, Nick Nurse, asisten pelatih Suns Kevin Yound, dan Tyronn Lue, meski dia masih punya kontrak dengan LA Clippers. Namun Lue disebut-sebut ada di posisi teratas dalam daftar pelatih incaran Suns. (*)

Foto: FanSided

Komentar