IBL

Dwane Casey harus kehilangan pekerjaan setelah Toronto Raptors kalah di semifinal Wilayah Timur dalam dua musim beruntun. Namun, hal itu tentu tidak menurunkan pamornya sebagai finalis pelatih terbaik NBA 2017-2018. Detroit Pistons, klub Wilayah Timur lainnya, bahkan tertarik untuk memboyongnya ke Michigan sebagai buruan utama.

Bagaimanapun, manajemen Pistons melihat Casey memiliki potensi untuk mengembangkan timnya, terutama dengan rekam jejak sang pelatih musim ini. Ia sukses membawa Raptors mengukir rekor 59-23 di musim reguler; membuatnya menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah klub asal Kanada itu. Dengan rekor itu, Casey pun tidak hanya mendapatkan pengakuan sebagai finalis pelatih terbaik versi NBA, tetapi juga pelatih terbaik versi asosiasi pelatih NBCA.

Sementara itu, Pistons baru saja berpisah dengan Kepala Pelatih Stan Van Gundy pada awal Mei lalu. Mereka tengah sibuk mencari penggantinya di antara para pelatih yang sedang menganggur. Sebelum ini, mereka sempat mengincar asisten pelatih San Antonio Spurs—Becky Hammon. Pistons juga mengincar Jerry Stackhouse, kepala pelatih Raptors 905. Namun, asisten pelatih perempuan penuh waktu pertama di NBA dan pelatih G League itu bukanlah target utama Pistons.

Rumor semakin kencang ketika Pistons merekrut Ed Stefanski sebagai eksekutif senior. Stefanski, yang sebelumnya bekerja untuk Memphis Grizzlies, berencana untuk merombak manajemen mereka, termasuk membantu tim ini mencari pelatih baru.

“Hal besar sekarang ini, kami membutuhkan seorang pelatih dan manajer umum,” terang Stefanski seperti dikutip Detroit Free Press. “Kedua hal itu (mencari pelatih dan manajer umum) mungkin akan kami lakukan berbarengan.”

Keterlibatan Stefanski dalam perburuan pelatih inilah yang membuat rumor itu kuat. Ia mengenal Casey ketika keduanya bekerja untuk Raptors pada Oktober 2011. Dengan pengalaman 20 tahunnya di tingkat eksekutif, Stefanski melihat potensi melatih Casey bisa dibawa ke Pistons. Namun, sejauh pantauan, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai perekrutan sang pelatih.   

Foto: NBA

Komentar