IBL

Perjalanan Boston Celtics di NBA 2017-2018 resmi terhenti setelah takluk dalam tujuh laga atas Cleveland Cavaliers di babak final Wilayah Timur. Meski tak berhasil meraih hasil maksimal, banyak pecinta NBA yang menyanjung tinggi pencapaian Celtics musim ini. Wajar saja, karena Celtics bisa melaju hingga final Wilayah Timur tanpa diperkuat dua bintang mereka: Gordon Hayward dan Kyrie Irving.

Hayward mengalami cedera serius di laga pembuka Oktober 2017 lalu dan dipastikan absen semusim penuh. Ia tercatat hanya bermain selama lima menit pada laga itu. Irving berbeda cerita, ia berhasil tampil di 60 laga musim reguler sebelum menepi selama playoff. Pemain yang akrab disapa Uncle Drew tersebut menjalani operasi pengangkatan sekrup di lututnya yang tertanam saat ia masih membela Cavaliers.

Dengan dua bintang yang absen otomatis beberapa pemain cadangan Celtics mendapat menit bermain lebih banyak . Salah satu pemain yang mendapatkan “berkah” dari musibah tersebut adalah Shane Larkin. Larkin yang memiliki posisi bermain sama dengan Irving mendapatkan menit bermain lebih banyak, terutama saat babak playoff.

Selama babak playoff, Larkin rata-rata bermain selama 14 menit per laga dengan konversi 3,7 poin, 1,8 asis, dan 1,0 rebound per laga. Ia hanya bermain di 11 dari 19 laga playoff akibat cedera pada bahu kirinya. Pun begitu, peran Larkin sebagai pelapis Terry Rozier III diacungi jempol beberapa pengamat NBA.

Akan tetapi, Boston Globe membeberkan kabar terbaru terkait Larkin. Mereka memberitakan, besar kemungkinan bahwa Larkin akan berpikir ulang untuk kembali memperkuat Celtics musim depan. Pemain berusia 25 tahun tersebut diprediksi akan mencari tim yang memberinya gaji lebih dari AS$1,5 juta.

Ya, nominal tersebut adalah nilai kontrak Larkin saat bergabung dengan Celtics awal musim ini. Ia hanya mendapatkan kontrak satu musim. Bila bergabung kembali musim depan, kecil kemungkinan Larkin mendapat kontrak lebih dari nominal tersebut. Hal tersebut dikarenakan ada dua pemain Celtics yang sama-sama berstatus pemain bebas di jeda musim nanti, Greg Monroe dan Aron Baynes. Belum lagi Marcus Smart kemungkinan besar akan mendapatkan perpanjangan kontrak dengan nominal yang lebih besar.

Musim 2017-2018 menandai kembalinya Larkin ke NBA. Sebelumnya, ia pernah membela Dallas Mavericks, New York Knicks, dan Brooklyn Nets kurun 2013-2016. Di musim 2016-2017, Larkin memutuskan bermain di EuroLeague bersama Saski Baskonia.

Foto: NBA

 

Komentar