IBL

Pelatnas 3x3 Putri Indonesia tampil di International Women Pro-Tournament - Chengdu Challenger 2018, 26-27 Mei lalu. Di turnamen tersebut, tim putri Indonesia kalah tiga kali dari tiga pertandingan.

Tim Indonesia kali ini diperkuat empat pemain yaitu Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Regita Pramesti, Christie Apriani Rumambi dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi. Indonesia berada di grup A bersama Ulaanbaatar (Mongolia), Dream Team Serbia (Serbia) dan China Women's National Team (Cina).

Di hari pertama, 26 Mei, Indonesia kalah 14-17 dari Ulaanbaatar. Kemudian di laga kedua, Indonesia kalah telak 21-8 atas Dream Team Serbia. Di hari berikutnya, 27 Mei, Indonesia berhadapan dengan timnas 3x3 Cina. Pada pertandingan ini, Indonesia kembali menyerah dari Cina, 4-21.

Hasil ini memang mengecewakan, mengingat tim ini yang sedang dipersiapkan menuju Asian Games 2018 nanti. Tetapi, Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati punya penilaian lain.

"Tim putri Indonesia bermain di level profesional. Ini turnamen 3x3 terbuka, jadi secara level permainan memang di bawah tim-tim lain. Tiga kali kami bermain, tiga kali kami kalah," ucapnya. "Tetapi saya melihat hal penting di turnamen ini, bahwa tim putri ini secara fundamental, knowledge dan physical fitness perlu perbaikan. Ini harus kami kejar secepatnya kalau kami mau compete dengan negara lain."

Wahyu menambahkan, ia memang menginginkan tim putri lebih sering bertanding. Bukan hanya sekadar berlatih saja. Ini agar pemain lebih punya pengalaman saat menghadapi situasi pertandingan. Selain itu bisa membangkitkan rasa percaya diri mereka.

"Satu lagi yang penting, pikiran mereka semakin terbuka untuk selalu mau memperbaiki diri. Kalau tidak sering bertanding, mereka tidak mau improve," imbuhnya.

International Women Pro-Tournament - Chengdu Challenger 2018 adalah gelaran pertama turnamen 3x3 profesional putri yang berhadiah 6,000 dolar Amerika. Turnamen ini diikuti oleh delapan tim dari tujuh negara yaitu Cina, Belanda, Mongolia, Indonesia, Australia, Belarusia dan Serbia.(*)

Foto: instagram @3x3indonesia

Komentar