IBL

NBA semakin menaruh perhatian pada masalah kesehatan mental para pegiatnya. Satu bulan setelah mengumumkan layanan kesehatan mental publik, NBA kembali mengambil langkah lainnya. Pada Jumat, 25 Mei 2018 waktu setempat, mereka meluncurkan program kesehatan mental.

Keyon Dooling, eks pemain NBA sekaligus konselor kesehatan NBPA, menjadi pemimpin program ini. Ia bertugas mengepalai program yang berfungsi sebagai sumber daya bagi semua pemain untuk membantu mereka dalam menangani kesehatan mental. Apalagi mengingat beberapa bulan belakangan, para pemain NBA mengungkap keresahannya tentang kesehatan mental.

(Baca juga: Saatnya Beri Perhatian Pada Kesehatan Mental)

Kevin Love (Cleveland Cavaliers) dan DeMar DeRozan (Toronto Raptors) menjadi dua lakon yang memantik NBA dan asosiasi pemainnya untuk mengambil langkah serius dalam masalah kesehatan mental.

“Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pemain kami berbicara terus terang tentang kesulitan mereka,” ujar Direktur Eksekutif NBPA Michele Roberts seperti dikutip Yahoo! Sports.

“Kisah mereka telah mengingatkan kita bahwa tantangan kesehatan mental dapat terjadi pada semua orang, termasuk atlet profesional. Ini adalah masalah yang tidak bisa lagi diabaikan. Sebagai asosiasi pemain, adalah tanggung jawab kami untuk menyediakan sumber daya bagi anggota kami agar berhasil baik secara mental maupun fisik. Karenanya, kami memutuskan masalah kesehatan mental sebagai prioritas sekarang.”  

(Baca juga: Kim Jonghyun, Depresi, dan Ancaman Besar Kehidupan Para Bintang

Pemilihan Dooling sebagai direktur program pun ada kaitannya dengan pengalaman sang pemain dalam menangani masalah kesehatan mental. Eks pemain NBA itu sempat mengalami gangguan kesehatan mental seperti stress dan halusinasi akibat pelecehan seksual yang dialaminya semasa kecil. Akibatnya, Dooling harus menghabiskan beberapa waktunya di rumah sakit jiwa untuk menangani masalahnya tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya ia pun sedikit demi sedikit dapat mengatasi masalah itu. Ia bahkan menjadi konselor di asosiasi pemain (NBPA) sejak Januari 2018 untuk membantu para pemain menghadapi hal serupa. Kini, dengan tugas barunya, ia pun mengaku senang.

“Saya senang menjadi bagian dari program baru ini dalam NBPA,” ujar Dooling seperti dikutip Sham Charania, Yahoo! Sports, di akun Twitternya.

Foto: Celtics Blog

Komentar