IBL

Karisma LeBron “King” James memang luar biasa. Hal ini tampak dari bagaimana antusiasme John Elliott, desainer busana asal New York, saat membuat sepatu basket kasual untuknya. Sepatu ini jadi penyegar di antara 15 model sepatu khusus LeBron karena bentuknya yang benar-benar berbeda. Sepatu itu diberi nama John Elliott x LeBron James x NikeLab Icon.

Sepatu terbaru LeBron ini menerapkan warna putih di bagian atas. Secara kasat mata, bentuk sepatu ini mirip Nike LeBron 8 V2. Sol bawah tampak menggunakan bantalan udara Nike Air, berbeda dengan Nike LeBron 15 yang menerapkan bantalan Zoom. Detail nama John Elliott dan pebasket Cleveland Cavaliers itu tersemat di sol dalam.

James mengenakannya sebelum laga ke enam final Wilayah Timur melawan Boston Celtics. Tak berselang lama, Elliott pun menggunggah sepatunya itu di akun Instagramnya. Momen ini membuat Elliot merasa grogi. Hal ini ia ungkapkan kepada GQ. “Saya sudah melewati berbagai ajang peragaan busana, tapi tak pernah merasa setegang ini. Saya masih belum percaya ada di momen ini (membuat sepatu untuk LeBron James),” ujarnya yang dihubungi melalui pesawat telepon.

Sepatu itu langsung menggemparkan internet. Hal ini disebabkan karena kedua belah pihak belum pernah membocorkan informasi apa pun tentang kolaborasi ini. Warganet banyak membicarakan bagian atas sepatu yang berbahan Hyperfuse namun sedikit tembus pandang.

Sayangnya, kita harus bersabar. Seluruh koleksi busana John Elliott, termasuk sepatunya dengan LeBron James, kabarnya akan dilepas ke publik pada Agustus 2018.

Elliott dan LeBron adalah kawan lama. Bagi sang desainer, James adalah pebasket yang ia idolai. Sedangkan bagi Sang Raja, busana besutan Elliott adalah yang ternyaman. Ia kerap mengenakan berbagai pernak-pernik busana John Elliott di momen pra maupun pascalaga NBA. Bahkan, desainer eksentrik ini mengetahui seluk beluk gaya busana LeBron. “Ia adalah pria yang tidak mau memakai baju yang menyulitkan dirinya. Baju-bajunya sangat mudah dipakai, cepat, ergonomis, namun ia tetap punya kreativitas dalam memadupadankan busana,” ujarnya.

Melihat gaya busana LeBron jadi aktifitas yang sering Elliott lakukan beberapa waktu terakhir. Ia mengaku, inspirasi utamanya dalam mendesain baju dan sepatu untuk LeBron adalah gayanya saat bersantai. Kepada GQ, ia bahkan sempat mengenang bagaimana jaket buatannya digunakan LeBron di ajang Olimpiade 2012.

---

UPDATE (2/8/2018)

Nike telah mengumumkan perilisan seaptu John Elliott x LeBron James x NikeLab Icon QS. Bersamaan dengan itu, dirilis pula koleksi pakaian yang memuat jaket hoodie, kaos, topi, celana olahraga (jogger pants), dan baju hangat sweater. Inilah jadwal perilisan koleksi ini:

4 Agustus 2018: Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Asia Tenggara, Australia, dan Brazil

25 Agustus 2018: Cina

1 September 2018: Eropa

Foto: Nike, John Elliott

Komentar