IBL

Tidak hanya NBA yang mendekati akhir musim, gelaran basket yang mempertemukan tim-tim terbaik di Eropa, EuroLeague, juga memasuki fase akhir. EuroLeague bisa disebut seperti Liga Champions (sepak bola) di bola basket yang bermaterikan tim-tim terbaik dari liga domestik di beberapa negara. Total ada 16 tim yang ambil bagian di musim reguler. Tiap tim akan bertemu dua kali yang membuat satu tim bermain sebanyak 30 kali dalam satu musim reguler. Delapan tim yang menempati delapan peringkat teratas di musim reguler berhak lolos ke babak playoff.

Di babak playoff, delapan tim tersebut akan dibagi dalam empat pertandingan dengan sistem lima laga (best of five). Empat tim yang lolos akan melaju ke babak Final Four dengan sistem satu laga, sebelum mencapai duel akhir di laga final yang disebut Championship Game. Musim ini, laga Final Four dan Championship Game akan digelar di Stark Arena, Belgrade, Serbia.

Jumat malam, 18 Mei 2018, waktu setempat, EuroLeague baru saja menggelar babak Final Four yang bermaterikan Fenerbahce Dogul Istanbul (Turki) melawan Zalgiris Kaunas (Lithuania) dan Real Madrid (Spanyol) melawan CSKA Moscow (Rusia).

Fenerbahce yang lebih diunggulkan daripada Zalgiris tampil sesuai ekspetasi. Diperkuat beberapa pemain yang pernah mencicipi atmosfer NBA seperti Luigi Datome, Jan Vesely, dan Jason Thompson, Fenerbahce berhasil membekuk Zalgiris dengan skor akhir 76-67.

(Baca juga: Luka Doncic, Kontroversi, dan Spekulasinya di NBA Draft 2018)

Di pertandingan lainnya, Real Madrid yang kurang diunggulkan berhasil menekuk unggulan juara sekaligus pemuncak klasemen musim reguler, CSKA Moscow. Kedua tim sama-sama bermaterikan bekas pemain NBA, CSKA diwakili oleh Sergio Rodriguez, Nando De Colo sementara Real Madrid memiliki Anthony Randolph, Rudy Fernandez, Gustavo Ayon, Jeffery Taylor, dan Walter “Edi” Tavares. Selain sederet bekas pemain NBA tersebut,  laga ini juga menyorot bintang muda Real Madrid yang dikabarkan akan melaju ke NBA musim depan, Luka Doncic.

Pemain 19 tahun yang dianugerahi gelar 2017-2018 EuroLeague Rising Star tersebut tampil sebagai motor utama serangan Real Madrid. Ia mencetak 18 poin, 7 rebound, dan 2 asis dengan bermain selama 31 menit. Torehan tersebut membantu Real Madrid menutup laga dengan kemenangan 92-83 dan berhak melaju ke Championship Game melawan Fenerbahce.

Baca juga: Luka Doncic Menyatakan Kesediaan Mengikuti NBA Draft 2018

Laga antara Real Madrid dan CSKA disebut-sebut dihadiri oleh 16 petinggi tim NBA yang khusus datang untuk melihat permainan Doncic. Sebagaimana diberitakan oleh Mainbasket sebelumnya, Doncic adalah salah satu pemain yang dijagokan terpilih dalam tiga besar NBA Draft yang akan digelar 21 Juni mendatang. Akan tetapi, sebelum melaju ke gelaran tahunan NBA tersebut, Doncic harus terlebih dahulu memimpin timnya dalam duel babak akhir melawan Fenerbahce yang akan digelar Minggu malam, 20 Mei 2018, waktu setempat.

Foto: EuroLeague

Komentar