IBL

Sudah banyak nama-nama bintang kuliahan Amerika Serikat yang mengumumkan keikutsertaan mereka pada gelaran NBA Draft 2018 mendatang. Mulai dari pemain tahun pertama seperti DeAndre Ayton dan Marvin Bagley III, pemain tahun kedua, Rawle Alkins dan Miles Bridges, hingga tahun keempat seperti Grayson Allen. Draft Express melansir ada 175 nama yang menyatakan kesediaan mereka untuk NBA Draft.

Para pemain yang mengikuti NBA Draft harus mengumumkan kesediaan mereka maksimal 60 hari sebelum malam Draft. Mengingat NBA Draft akan digelar 21 Juni mendatang, maka pemain yang bersangkutan harus mengumumkan paling lambat 21 April 2018 ini. 

Ada satu nama yang mengumukan kesediaannya di detik-detik terakhir pendaftaran yaitu Luka Doncic. Pemain yang dijuluki sebagai bocah ajaib dari Slovenia.

Dilansir oleh Yahoo Sports, Doncic telah mengirimkan surat kepada NBA. Pemain berusia 19 tahun ini masih membela tim basket Real Madrid, di babak playoff EuroLeague 2018.

Nama Doncic digadang-gadang akan dipilih di urutan lima besar, bahkan beberapa situs pencari bakat tak ragu menaruhnya sebagai calon pemain yang dipilih pertama secara keseluruhan. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, bertinggi 2,04 meter tersebut biasa beroperasi sebagai garda kedua (shooting guard) atau forwarda kecil (small forward). Selain itu, dengan kemampuan melantun bolanya yang juga cukup bagus, ia tak jarang beroperasi sebagai garda utama (point guard).

Dengan segala ketangkasan yang ia punya, sangat layak nama Doncic masuk dalam jajaran elit NBA Draft musim ini. Pemain yang menggunakan nomor punggung tujuh ini juga sudah mendapatkan beberapa gelar individu di usianya yang masih muda.  Ia mendapatkan gelar pemain muda terbaik di Liga ACB (divisi satu liga basket di Spanyol) dan juga EuroLeague Rising Star di musim 2016-2017 lalu. 

Musim ini, ia telah bermain sebanyak 54 laga bersama Real Madrid di dua liga tersebut dan menorehkan rataan 14,8 poin, 5,1 rebound, dan 4,6 asis per laga. Ia juga telah menjadi tulang punggung tim nasional Slovenia dalam gelaran EuroBasket 2017 lalu. Bersama dengan Goran Dragic dan Anthony Randolph, Doncic berhasil mengantarkan negaranya meraih medali emas setelah menumbangkan Serbia di partai final.

Menarik menunggu di urutan berapa Doncic akan terpilih di NBA Draft nanti. Karena sekali lagi, memilih pemain di NBA Draft tak melulu tentang ketangkasan mereka, tapi juga terkait kebutuhan tim.(*)

Foto: Getty Images

 

Komentar