IBL

Asian Games 2018 Jakarta - Palembang akan dihelat 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Jadi kurang lebih masih ada waktu tiga bulan untuk mempersiapkan atlet. Termasuk timnas 3x3 Indonesia yang memulai pemusatan latihan jangka panjang mulai besok, 7 Mei 2018. Ada 12 pemain yang mengikuti pemusatan latihan ini. Program-program uji tanding ke luar negeri juga sudah disiapkan.

Timnas 3x3 Indonesia baru saja mengikuti FIBA Asia 27 April hingga 1 Mei di Shenzhen, Cina. Hasilnya, tim putra tak lolos kualifikasi, sedangkan tim putri hanya sampai di babak empat besar.

"Tim ini sama baru pertama kali terjun di turnamen. Masih banyak kelemahan, terutama dari segi fisik dan mental. Di tim putri, mental yang menjadi sorotan kami. Mereka sempat kurang percaya diri di laga pertama, padahal kalau mereka mau, sebenarnya bisa ambil kemenangan lawan Uzbekistan," ucap Manajer Timnas 3x3 Indonesia, Fareza Tamrella.

Pemusatan latihan jangka panjang akan dimulai minggu ini. Ada 12 pemain yang dipanggil, dengan rincian enam pemain putra dan enam pemain putri. Di tim putra ada Rivaldo Tandra Pangesthio, Vincent Rivaldi Kosasih, Reza Fahdani Guntara, Eric Gosal, Nuke Tri Saputra dan Hengky Cornelis Lakay. Lalu enam pemain putri yang dipanggil adalah Jovita Elizabeth Simon, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Yusranie Noory Assipalma, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Regita Pramesti dan Christie Apriani Rumambi.

Beberapa program uji tanding sudah disiapkan untuk mereka. Terdekat, pada 26-27 Mei, tim putri mendapatkan undangan dari Cina untuk mengikuti Invitation Tournament. Sedangkan untuk tim putra akan diikutkan FIBA 3x3 Challenger. Kemudian untuk kedua tim, putra dan putri, akan berangkan ke Mongolia pada 1 dan 3 Juni untuk mengikuti turnamen 3x3 U23.

"Kelemahan tim Indonesia masih ada di fisik, itu jelas terlihat. Kemudian yang perlu dibenahi lagi adalah mental. Kemauan mereka untuk menang masih kurang. Selebihnya untuk teknik, fokus kami di TC kali ini adalah kerjasama tim dan komunikasi," kata Mocha, sapaan akrab Manajer Timnas 3x3 Indonesia.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar