IBL

Mimpi Paul Zamar akan segera terwujud. Penembak jitu yang sempat pergi dari basket Filipina, kini akan kembali tampil di PBA. Performanya yang menawan bersama Mono Vampire Basketball Club Thailand di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, menarik minat klub Blackwater Elite. Mereka meminta Zamar untuk segera bergabung dan tampil di PBA Commissioner's Cup 2018. Selain itu, Blackwaters juga mendatangkan Bong Ramos, pelatih yang sebelumnya menangani tim IBL, Stapac Jakarta.

Zamar sempat mengalami masa sulit saat kontraknya diputus oleh tim Cafe France-CEU Bakers karena tidak berhasil mempersembahkan gelar di dua turnamen PBA D-League pada tahun 2016. Seketika itu mimpi bermain di PBA langsung pupus.

Akhirnya Mono Vampire Basketball Club bersedia memakai jasa Zamar di ABL 2017-2018. Berbekal tekad yang kuat serta keinginan untuk membuktikan diri, Zamar berhasil membawa Mono Vampire melaju ke final ABL. Meskipun akhirnya mereka hanya menjadi runner-up, tapi manajemen Blackwater punya penilaian lain.

"Paul Zamar akan bergabung dengan kami. Setelah memainkan laga final terakhir dan beristirahat, Zamar akan bergabung minggu ini," ucap perwakilan Blackwater, Siliman Sy, seperti dilansir spin.ph.

Di ABL musim ini, Zamar mengoleksi 16,1 poin, 3,5 rebound dan 2,6 asis per pertandingan. Ia juga mencatatkan persentase 38 persen tembakan tripoin. Padahal saat ini, usianya sudah menginjak 31 tahun.

Tak hanya Zamar, manajemen Blackwater juga mendatangkan Ramos Geraldo Vilallon atau yang akrab disapa Bong Ramos. Setelah menyelesaikan tugasnya di tim Stapac Jakarta, Bong Ramos kembali ke Filipina. Di IBL 2017-2018, Bong Ramos membawa Stapac melaju ke babak semifinal. Di fase tersebut, Stapac menyerah 1-2 dari Pelita Jaya Basketball Club.

Paul Zamar dan Bong Ramos punya tugas yang berat. Mereka dituntut untuk memperbaiki prestasi Blackwater di PBA Commissioner's Cup tahun ini. Hingga laga minggu ini, Blackwater belum pernah mendapatkan kemenangan dari empat laga. Terakhir mereka kalah 106-117 dari GlobalPort Batang Pier, Rabu, 2 Mei 2018. Posisi mereka kini ada di dasar klasemen.(*)

Foto: ASEAN Basketball League dan Hariyanto

Komentar