IBL

Chong Son Kung Fu kembali mengalahkan Hong Kong Eastern dalam lanjutan ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, Selasa, 13 Maret 2018. Chong Son menang 87-76 atas pimpinan klasemen sementara, HK Eastern. Ini jadi kemenangan kedua Chong Son atas Eastern dalam dua pertemuan terakhirnya.

Empat hari sebelumnya, 9 Maret 2018, Chong son menang atas HK Eastern 94-85 di Nanhai Gymnasium, Tiongkok. Lalu misi balas dendam yang diusung HK Eastern di laga kali ini gagal. Mereka justru harus menerima kekalahan kedua berturut-turut di tempat yang sama. Sebaliknya, Chong Son makin percaya diri karena sudah memenangi empat laga beruntun.

Garda utama Chong Son, Mikh McKinney mendulang 26 poin dan mengirim lima asis. Selain McKinney, empat pemain inti Chong Son juga menghasilkan poin dobel digit. Mereka adalah Justin Howard (19 poin dan 15 rebound), Anthony Tucker (14 poin), Caelan Tiongson (11 poin dan 14 rebound), Yongxuan Luo (10 poin).

HK Eastern menguasai area lubang kunci dengan 48 poin dihasilkan dari area tersebut. Sementara Chong Son unggul di akurasi tembakan tripoin dengan persentase 31 persen (10-32).

Tembakan tripoin ini yang menjadi kunci kemenangan Chong Son. Terutama di kuarter keempat. Dua kali tembakan tripoin beruntun dari Caelan Tiongson membuat Chong Son memimpin 17 poin (85-68). Sisa waktu 57 detik tak cukup bagi HK Eastern menyusul ketertinggalan. Mereka akhirnya menyerah dengan margin 11 poin (76-87).

Kekalahan HK Eastern kali ini juga karena mereka kurang akurat dalam tembakan tripoin. Total HK Eastern memasukkan empat dari 24 percobaan tembakan tripoin. Garda asal Thailand, Tyler Lamb melepas tujuh tembakan tapi tidak ada yang tepat sasaran. Lalu Marcus Elliot hanya memasukkan tiga dari sembilan tembakan tripoin. HK Eastern hanya mengandalkan Christian Standhardinger untuk mendulang poin. Pemain keturunan Filipina-Jerman tersebut menceta 24 poin dan 12 rebound.

Dengan hasil ini, Chong Son kini unggul agregat 2-1 atas HK Eastern. Tapi posisi di klasemen tidak berubah. Chong Song tetap ada di peringkat kedua, di bawah HK Eastern. Kedua tim akan kembali bertemu pada 28 Maret mendatang. Laga tersebut menjadi penutup musim reguler ABL 2017-2018.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar