IBL

Chong Son Kung Fu menang 88-77 atas Hong Kong Eastern di Southorn Stadium, Rabu, 28 Maret 2018. Kemenangan ini membuat Chong Son menjadi juara musim reguler dengan rekor 15 kemenangan dan lima kali kalah. Anthony Tucker menjadi pahlawan dengan mencetak 29 poin. Ia juga menjadi pemain yang memasukkan tembakan tripoin terbanyak dalam satu pertandingan musim ini dengan enam tembakan.

Selain Tucker, ada Justin Howard yang tampil gemilang dengan mencetak 24 poin dan 22 rebound. Disusul Caelan Tiongson dengan 12 poin, dan Mikh McKinney yang menambahkan 12 poin. Empat pemain hebat tersebut membuat Chong Son meraih kemenangan keenam berturut-turut.

Pertarungan Chong Son dan HK Estern menjadi penutup musim reguler ABL 2017-2018. Laga terakhir ini sekaligus memperebutkan gelar juara musim reguler. Akhirnya Chong Son yang berhasil memenangkan pertandingan.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, HK Eastern beringas di kuarter pertama. Mereka menghajar Chong Son, 22-7. Kemudian, Chong Son membalas di kuarter kedua dengan unggul 25-17 (39-32). Di kuarter kedua, Chong Son mencetak tiga tembakan tripoin.

Di babak kedua, pertandingan berubah menjadi pertunjukan akurasi tembakan tripoin bagi pemain Chong Son. Total, mereka mencetak delapan tembakan tripoin, enam diantaranya dicetak oleh Anthony Tucker. Chong Son bisa mendapatkan banyak kesempatan menembak di kuarter keempat. Sebab di awal kuarter ini, penjaga HK Eastern, Marcus Elliot melakukan empat kali pelanggaran. Padahal Elliot bertugas menjaga Tucker. Keluarnya Elliot membuat lubang di pertahanan HK Eastern. Tucker mencetak 12 poin di kuarter keempat dan semuanya melalui tembakan tripoin. Secara keseluruhan, Chong Son memasukkan 12 tembakan tiga angka dari 29 percobaan tembakan.

"Saya gembira sekali. Ini adalah kemenangan besar bagi kami. Kami harus menang untuk mendapatkan bye di babak pertama playoff. Kami tidak bermain baik di kuarter pertama, tetapi kami memperbaiki penampilan di babak kedua. Saya benar-benar senang akhirnya bisa menang," jelas Tucker, seperti dikutip dari aseanbasketballleague.com.

Di kubu HK Eastern, Tyler Lamb bisa menghasilkan 30 poin. Disusul Marcus Elliot dengan 20 poin dan 10 rebound, lalu Christian Standhardinger menambahkan 12 poin dan 14 rebound. Terakhir ada Ryan Moss yang gagal menjaga Justin Howard, namun bisa mencetak 11 poin.

Kedua tim, Chong Son dan HK Eastern sama-sama mendapatkan Quarter-Finals Bye. Mereka tidak harus berlaga di playoff putaran pertama. Sementara yang akan menjalani putaran pertama adalah San Miguel Alab Pilipinas, Mono Vampire, Singapore Slingers dan Saigon Heat.

"Kami akan menanti sekaligus melihat playoff putaran pertama. Menyaksikan tim-tim ini bertanding dan siapa yang menjadi lawan kami di babak kedua," ucap Tucker. "Rencananya, kami akan berlatih intensif sebelum playoff dimulai."

Foto: Asean Basketball League

Komentar