IBL

Hong Kong Eastern kalah 111-119 atas Mono Vampire di Southorn Stadium, Kamis, 15 Maret 2018. Ini jadi kekalahan ketiga setelah sebelumnya menyerah dua kali atas Chong Son Kung Fu 85-94 (9 Maret) dan 76-87 (13 Maret). HK Eastern kini turun ke peringkat kedua klasemen ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Sedangkan peringkat pertama diambil alih Chong Son Kung Fu.

Mike Singletary menjadi pendulang angka terbanyak untuk Mono Vampire dengan 36 poin. Disusul Sam Deguara (27 poin, 13 rebound), Paul Zamar (23 poin), dan Chitchai Ananti (11 poin).

HK Eastern tampil dengan formasi terbaiknya, Tyler Lamb, Marcus Elliott, Ryan Moss, Christian Standhardinger dan Lee Ki. Tapi mereka tertinggal 25-35 di kuarter pertama. Mereka gagal mengantisipasi Singletary dan Deguara. Kedua pemain tersebut menghasilkan 26 poin untuk Mono Vampire selama kuarter pertama.

Strategi mengorbankan Ryan Moss untuk mengawal Deguara berhasil. Center setinggi 2,25 meter itu tidak berkutik di area lubang kunci HK Eastern selama kuarter kedua. Tapi justru Mono Vampire mampu mencetak poin lewat tembakan jarak jauh. Dua tembakan tripoin dari Paul Zamar dan Singletary membuat Mono Vampire unggul 13 poin (54-41). Kuarter kedua ditutup dengan skor 60-45 untuk Mono Vampire.

Di babak kedua, HK Eastern bisa unggul 66-59. Tapi usaha tersebut tak membuat mereka membalik keadaan. Mereka terlalu banyak melakukan pelanggaran di lubang kunci (24 kali). Sementara Mono Vampire mampu memasukkan tembakan bebas 17 dari 24 kesempatan tersebut. Khususnya Singletary yang bisa mencetak tembakan bebas sempurna (7/7).

Di sisi lain, Ryan Moss terlalu fokus dalam menjaga Deguara. Usaha tersebut hanya berhasil di kuarter kedua saja. Selebihnya Deguara tetap mencetak poin dan merebut bola pantul. Moss juga tidak mencetak poin sama sekali di laga ini. HK Eastern mendulang poin dari empat pemain inti yaitu Lamb (32 poin), Elloitt (29 poin), Standhardinger (27 poin) dan Lee Ki (20 poin).

HK Eastern bisa merebut kembali posisi puncak klasemen. Sebab mereka masih punya sisa tiga pertandingan. Sedangkan Mono Vampire segera terbang ke Kuala Lumpur untuk menjalani pertandingan terakhirnya musim ini menghadapi Wesports Malaysia Dragons (21 Maret 2018).

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar