IBL

Mono Vampire Basketball Club mengalahkan Singapore Slingers, 85-82, di Stadium 29, Bangkok, Jumat, 6 April. Kemenangan tersebut membuat Mono Vampire unggul sementara 1-0 di babak perempat final ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018 yang menggunakan sistem best-of-three.

Samuel Deguara menyelesaikan pertandingan dengan mencetak 21 poin dan pemain lokal Darongpan Apiromvilaichai menyumbangkan 19 poin. Kemudian Michael Singletary dan Paul Zamar, masing-masing mencetak 15 dan 12 poin. Sementara di kubu Slingers, poin terbanyak disumbangkan oleh dua pemain asingnya, Chris Charles dan Xavier Alexander. Charles mencetak 26 poin dan 23 rebound, lalu Xavier menambahkan 23 poin dan 12 rebound.

Mono Vampire hari ini tidak mampu menunjukkan keperkasaan offense mereka. Bahkan, akurasi tembakan mereka buruk. Hingga kuarter ketiga, poin Mono Vampire dihasilkan dari tembakan bebas Deguara dan Singletary. Paul Zamar yang didapuk sebagai penembak jitu, tidak mencetak tembakan tiga angka dari lima percobaan hingga kuarter ketiga. Sebaliknya mereka sibuk menghalau Xavier dan AJ Mandani yang bolak-balik menusuk area lubang kunci. Saat kuarter ketiga berakhir, Mono Vampire unggul tipis, 62-61.

Drama terjadi di kuarter keempat. Di sisa tiga menit, Paul Zamar membawa Mono Vampire unggul 80-78 lewat fourth point play dan tembakan tiga angka berturut-turut. Tapi setelah itu, Deguara terpaksa meninggalkan permainan karena melakukan lima kali penggaran (foul out).

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Slingers. Charles tidak menemui kesulitan untuk mendapatkan offensive rebound dan mencetak dua poin. Skor sama kuat 80-80 terjadi di sisa dua menit pertandingan. Kemudian, Larry Liew membuat kesalahan passing yang membuat bola dicuri oleh Apiromvilaichai. Dengan sigap, ia memberikan asis pada Singletary. Liew yang ikut mengejar justru melakukan pelanggaran yang mengakibatkan Singletary mendapatkan dua tembakan bebas.

Di sisa 12 detik, Xavier mampu menipiskan skor menjadi 82-83. Di sini, kecerdikan seorang Paul Zamar terlihat. Unggul satu poin, Zamar memaksa para pemain Slingers mengejarnya untuk mendapatkan pelanggaran. Zamar akhirnya bisa mendapatkan dua tembakan gratis karena dilanggar oleh Mitchell Folkoff. Mono Vampire unggul 85-82. Dengan sisa waktu lima detik, Slingers berupaya menembak tiga angka, tapi sebelum itu terjadi, Zamar melakukan pelanggaran di luar area lubang kunci. Slingers akhirnya tak punya waktu yang cukup untuk melakukan tembakan.

Pertemuan kedua antara Mono Vampire dan Slingers akan digelar di OCBC Arena, Singapura, pada 8 April 2018. Bila Mono Vampire menang, maka mereka akan berhadapan dengan peringkat pertama, Chong Son Kung Fu di babak semifinal.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar